visitaaponce.com

Pemkot Bekasi Tambah Tenda Darurat di RSUD Chasbullah Abdulmajid

Pemkot Bekasi Tambah Tenda Darurat di RSUD Chasbullah Abdulmajid
Suasana RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi yang mengalami lonjakan pasien covid-19.(MI/Adam Dwi)

DI tengah lonjakan kasus covid-19, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi memutuskan untuk mengosongkan area parkir gedung A RSUD Chasbullah Abdulmajid (Cam) dan menambah tenda BPBD.

Langkah itu ditegaskan Rahmat Effendi yang didampingi Direktur RSUD Cam Kusnanto Saidi dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawaty, saat mengecek keberadaan ruang penambahan IGD di blok A. Sejauh ini, ada penambahan 3 tenda dari BPBD yang terpasang di depan IGD RSUD Cam dan sempat viral melalui media sosial.

"Pelayanan kapasitas dari IGD ini telah terpasang tenda dari BPBD untuk tidak muatnya daya tampung di dalam IGD. Karena area dalamnya sudah masuk para penyintas dan pasien covid-19, seusai dilakukan skrining atau tes swab," ujar Rahmat, Sabtu (26/6).

Baca juga: Virus Menyebar Lebih Cepat, Anies Imbau Akhir Pekan di Rumah Saja

Dia mengatakan hampir 40% pasien RSUD berdomisili di luar Kota Bekasi. Menurutnya, tidak mungkin untuk menolak warga yang sudah datang ke RSUD Cam. "Kami tetap menerima, karena tetap memakai KTP Indonesia. Penambahan juga akan diupayakan, dengan mengosongkan area parkir gedung A dan ditambah tenda BPBD," tegasnya.

Rahmat menekankan bahwa persoalan kapasitas rumah sakit tidak akan selesai, jika tidak melakukan upaya khusus. "Saya minta Kepala Dinkes, Kepala RSUD, untuk memasang tenda (lagi). Semua saya tutup. Parkir kita pindahkan ke lapangan alun-alun," imbuh Rahmat.

Baca juga: Pemkot Bekasi Perpanjang PPKM Mikro Hingga 5 Juli

Lebih lanjut, Rahmat menyebut Rumah Sakit Darurat (RSD) di Stadion Patriot Candrabhaga juga akan ditambah kapasitasnya. Kemudian, RS Budi Lestari juga akan dijadikan pusat rujukan, dengan penambahan 180 tempat tidur di sana.

"Upaya penambahan juga ada di Mustikajaya, karena kita ingin mendekatkan jarak untuk pelayanan kesehatan. Jadi warga dari Pondok Melati, Bantargebang, tak perlu sampai jauh-jauh ke RSUD Cam. Sudah tersedia RSUD tipe D dengan fasilitas yang sama di sana," tandasnya.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat