visitaaponce.com

Kebijakan Nopol Kendaraan GaGe di Margonda Depok Dicabut

Kebijakan Nopol Kendaraan GaGe di Margonda Depok Dicabut
Sejumlah petugas memeriksa kendaraan roda empat saat uji coba ganjil - genap di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Minggu (5/12/2021)(dok.ant)

PEMERINTAH Kota Depok tak lagi berlakukan kebijakan kendaraan nomor polisi  ganjil dan genap (GaGe), yang bisa beroperasi pada tanggal tertentu. Kemacetan akan diatur melalui pemantauan dan penertiban parkir liar

"Tak bakal ada lagi kebijakan GaGe di ruas Raya Margonda. Tak ada lagi pertimbangan ke sana (diberlakukan kembali)," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Depok, Eko Herwiyanto, Jumat (18/2).

Dikatakan, peniadaan (GaGe) di ruas Raya Margonda sudah melalui suatu proses kajian penelitian, diskusi dan survei. Peniadaan GaGe tersebut adalah dikarenakan jumlah jalur alternatif sangat sedikit.

"Data kami cuma 5 jalur alternatif di Kota Depok. Sehingga GaGe sangat sulit dikembangkan, " tegasnya.

Lima jalur alternatif adalah, Jalan Komisaris Jenderal Mohammad Yasin, Jalan Rumah Tahanan Militer (RTM), Jalan Insinyur Juanda, Jalan Kukusan, Jalan Tole Iskandar tak dapat memperlancar lalu lintas.

Dijelaskan, aturan pembatasan berdasarkan nomor polisi GaGe sudah diberlakukan sejak 4-5 Desember dan 11-12 Desember 2021.

Sejak saat itu, selama diberlakukan GaGe justru terjadi kemacetan luar biasa di jalur-jalur alternatif. "Memang kita akui ruas Raya Margonda lancar," tukasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Depok Marbudiantono. Dirinya mengungkapkan, Kota Depok harus punya banyak jalur alternatif barulah kebijakan GaGe bisa diterapkan.

Sambung dia, Ruas Raya Margonda telah memulai operasional GaGe pada 4-5 Desember dan 11-12 Desember 2021. Tetapi dihentikan karena dinilai tidak efektif.

Di ruas Raya Margonda itu mengalami peningkatan yang baik, lancar. Tapi di dalam buangannya, jalan alternatifnya itu terjadi penurunan jaringan. “Jadi kemacetan tetap panjang, kecepatan berkurang, kemudian waktu tempuh bertambah,” kata dia.

Menurut Marbudianto, arus lalu lintas di Raya Margonda menjadi lancar saat penerapan GaGe. "Tapi, sebaliknya, kemacetan justru terjadi di sejumlah ruas jalan lain," ujarnya.

Untuk mengatasi kemacetan di Kota Depok, pihaknya akan menertibkan faktor kemacetan lainnya, seperti parkir liar dan pemasangan rambu-rambu.(OL-13)

Baca Juga: Urai Macet, Pemprov Jabar Bangun Underpass Dewi Sartika Depok

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat