visitaaponce.com

Lalu Lintas Jalan Margonda-Sawangan Lumpuh Pengendara Terjebak Macet Berjam-Jam

Lalu Lintas Jalan Margonda-Sawangan Lumpuh Pengendara Terjebak Macet Berjam-Jam
Kemacetan di Depok(MI/Kisar Rajaguguk)

KEMACETAN parah melanda Kota Depok, Jawa Barat (Jabar), Minggu (29/10). Kemacetan paling parah terjadi di Jalan Raya Sawangan, Pancoran Mas (Panmas). Dari arah Jalan Margonda menuju Sawangan. Serta sebaliknya.

Berdasarkan pantauan Media Indonesia kemacetan ini dipicu pembangunan jembatan simpang Mampang. Kemacetan diperkirakan mencapai 2 kilometer.

Arus lalu lintas mulai tersendat dari lampu merah perempatan Jalan Siliwangi, Jalan Margonda, Jalan Kartini, Jalan Dewi Sartika, Jalan Arief Rahman Hakim, dan Jalan Nusantara.

Baca juga: Punya 50 Juta Penduduk, Jawa Barat Butuh Transportasi Massal

Mendekati lokasi pembangunan jembatan, arus kendaraan makin padat. Bahkan, arus kendaraan nyaris tak bergerak di Jalan Raya Sawangan yang berada sebelum pembangunan jembatan.

Sebaliknya, arus lalu lintas dari arah Sawangan, Bojongsari, Cinere, Limo menuju Jalan Raya Margonda, Jalan Siliwangi, Jalan Kartini, Jalan Dewi Sartika, Jalan Arief Rahman Hakim, dan Jalan Nusantara mengalami macet parah. Pergerakan kendaraan nyaris lumpuh.

Baca juga: Legalisasi Parkir Liar Dikhawatirkan Bikin Ibukota Makin Macet

 

Kemacetan parah terjadi dari pukul 07.00 WIB

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metropolitan Kota Depok Komisaris Multazam Lisendra mengungkapkan kemacetan parah itu terjadi adanya pembangunan jembatan Mampang yang menghubungkan Jalan Margonda-Sawangan mengakibatkan arus lalu lintas dari dua arah mengalami kemacetan yang sangat parah.

Ia menghimbau pengendara dari dua arah agar menghindari jalur macet tersebut. 

"Selama pembangunan berlangsung kami himbau pengendara agar melewati jalan alternatif. Kami juga menghimbau pengendara bersabar, antri dan tertib dalam berlalu lintas, " tukasnya.

Multazam menghimbau pengendara untuk mengakses jalur alternatif selama pengerjaan jembatan Mampang.

"Jika mau ke arah Balai Kota Depok dari Sawangan ke Jalan Margonda bisa ambil jalur alternatif lain misalnya melewati daerah Beji," ucapnya.

Dikatakan menjelang akhir tahun ini banyak pekerjaan pembangunan jalan. Seperti pembetonan jalan di Jalan Bakti Abri, pembetonan jalan Krukut-Cinere, pekerjaan sheet pile di Jalan Tanah Baru, pekerjaan jalur pedestrian di Jalan Komjen M. Yasin.

"Kemudian pengaspalan di depan kampus Global Depok Grand Depok City, pelebaran jalan sheet pile di Jalan Pitara Panmas, pembangunan jalan lampu merah Sengon Panmas, pengerjaan revitalisasi jalur pedestrian Jalan Margonda," ucapnya.

Menurut pengendara, kemacetan-kemacetan di Kota Depok terjadi karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah kota.

"Selain itu Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok tidak terlihat di lapangan mengatur kendaraan. Saya tak melihat orang berseragam Dishub di lokasi, " kata Firman salah seorang pengendara kendaraan. (KG/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat