visitaaponce.com

Damkar Evakuasi Belasan Biawak dan Ular dari Pemukinan di Depok

Damkar Evakuasi Belasan Biawak dan Ular dari Pemukinan di Depok
Ilustrasi: biawak(dok.mi)

DINAS Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok disibukan dengan evakuasi ular dan biawak di permukiman masyarakat. Total, ada 18 ular dan biawak yang berhasil diamankan para personel kerah biru ini dari beberapa lokasi yang berbeda di Kota Depok.

Kepala Dinas DPKP Kota Depok Raden Gandara Budiana mengatakan, dalam dua bulan ini DPKP mengevakuasi ular dan biawak sekitar 18 ekor dari permukiman warga di Kota Depok.

"Total ular dan biawak saat ini ditambah tahun 2021 ada 153 ekor," kata Gandara di Rabu (23/2).

Gandara menuturkan, jenis ular yang berhasil dievaluasi bervariasi, ada ular sanca, ular sendok, dan ular beludak yang meliki panjang mulai dari satu hingga tiga meter.

Sedangkan biawak jenis komodo, kadal savannah, dan biawak air tawar.

Gandara menyebut, satu di antara sejumlah faktor yang menyebabkan kemunculan ular dan biawak di permukiman warga ini adalah musim hujan saluran air kotor.

“Banyaknya laporan tentang ular yang masuk ke rumah warga dikarenakan musim hujan yang melanda Kota Depok. Jadi, ular itu mencari tempat yang kering,” jelasnya.

Ia menjelaskan ular dan biawak kini telah diserahkan pihak terkait.

Gandara mengimbau agar warga tetap waspada dan menjaga kebersihan lingkungannya selama musim hujan ini agar hewan-hewan ini tidak membuat sarang ditempat tersebut.

" Sekali lagi tetap waspada dan tetap menjaga kebersihan lingkungan rumahnya agar tak menjadi sarang dari hewan reptil ini,” pungkasnya (OL-13)

Baca Juga: Pemkot Depok Klaim Selama Pandemi Kasus Kebakaran Turun

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat