visitaaponce.com

PU-Pera Membenahi Jakarta Mungkin Lebih Mahal dari Bangun IKN

PU-Pera: Membenahi Jakarta Mungkin Lebih Mahal dari Bangun IKN
Ilustrasi DKI Jakarta(MI/Vicky Gustiawan)

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono mengungkapkan biaya untuk membenahi Jakarta akan lebih mahal ketimbang membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Karena dasar itulah, pemindahan ibu kota menjadi opsi paling rasional yang bisa dilakukan pemerintah.

"Daya dukung Jakarta ini sudah berat. Memperbaikinya pun mungkin lebih mahal dari pada kita bikin baru," ujar Basuki di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (11/7).

Ia menjelaskan permukaan tanah Jakarta dalam beberapa tahun ke depan akan terus turun dan sangat sulit untuk diperbaiki.

Bahkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan Kementerian PU-Pera, sebanyak 13 sungai di Jakarta pada 2030 akan sulit mengalirkan air ke laut dengan lancar.

"Berdasarkan data dan model yang kami buat, mungkin 15 tahun sejak 2015, 13 sungai itu tidak akan bisa mengalirkan air ke laut kecuali kita bikin tanggul yang tinggi. Itu terjadi karena penurunan tanah dan sudah sering kita bahas," tuturnya.

Baca juga: Anies Klaim Tinggal 5 Titik di DKI yang Alami Penurunan Tanah

Penurunan muka tanah di Jakarta menjadi masalah yang sulit ditangani. Jumlah penduduk yang sangat padat membuat kebutuhan akan air tanah semakin tinggi.

Akhirnya, eksploitasi air tanah tidak bisa terhindarkan.

"Berdasarkan kajian itulah kita harus pindah," tukas Basuki.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat