visitaaponce.com

Selatan Jakarta Ikut Alami Penurunan Muka Tanah

Selatan Jakarta Ikut Alami Penurunan Muka Tanah
Foto kawasan pusat dan selatan Jakarta yang ikut terancam tenggelam akibat penurunan muka tanah.(Antara)

KETUA Sub Penyedia Air Bersih Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Elizabeth Tarigan mengungkapkan, penurunan muka tanah tidak hanya terjadi di Jakarta bagian utara. Jakarta bagian selatan pun turut terdampak penurunan muka tanah.

Elizabeth mengatakan, meskipun belum ada data yang tercatat secara rinci, penurunan muka tanah sudah dirasakan oleh masyarakat terutama yang tinggal di wilayah tersebut sejak lama.

"Contohnya saja rumah orangtua saya. Itu ubin tanahnya sudah mengalami retak karena terpisah dari pondasinya. Itu menunjukkan ada penurunan muka tanah," kata Elizabeth dalam diskusi 'Revitalisasi Pipa Air Menuju 100% Layanan PAM Jaya' di Balai Kota, Rabu (30/8).

Baca juga: Program Air Pipa Bisa Cegah Jakarta Tenggelam

Selain itu, penurunan muka tanah juga dapat dilihat dari proses pembuatan sumur atau pompa air. Menurut dia, di era generasi sebelumnya, untuk membuat sumur air atau pemasangan pompa hanya butuh kedalaman 10 meter.

"Tapi kan kalau sekarang tidak mungkin, bisa 20 meter atau 30 meter baru ada air. Jadi kita kehilangan 10 meter itu ke mana," ujarnya.

Baca juga: LPBI NU DKI Bedah Aturan Zona Bebas Air Tanah

Untuk mengurangi dampak penurunan muka tanah, Pemprov DKI Jakarta pun mengupayakan pembangunan pipa air ke seluruh wilayah dengan target seluruh kawasan Jakarta terlayani pipa air pada 2030.

Ia pun mendorong masyarakat yang wilayahnya sudah tercakup pipa air PAM Jaya agar mendaftarkan rumahnya supaya bisa tersambung air dari pipa PAM Jaya.

"Alasan masyarakat tidak mau pakai pipa karena air itu banyak. Ia air itu banyak tapi kan air yang mana? Kalau air bersih itu sedikit, di dunia air tawar yang bersih itu hanya 2%. Kan tidak mungkin kita pakai air got," ujarnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat