visitaaponce.com

Pasien Cacar Monyet Berangsur Pulih, Wagub Tidak Ada Masalah Berarti

Pasien Cacar Monyet Berangsur Pulih, Wagub: Tidak Ada Masalah Berarti
Ilustrasi pasien cacar monyet(AFP)

PEMPROV DKI Jakarta akan terus memantau perkembangan pasien pertama virus monkeypox. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kondisi pasien sudah membaik.

"Itu terus dalam pemantauan, yang bersangkutan terus membaik, tidak ada masalah berarti," ujarnya kepada Wartawan di Gedung DPRD DKI, Selasa (23/8).

Ariza, sapaan akrabnya, mengatakan pasien memiliki kontak erat dengan beberapa rekan terdekatnya. Kendati demikian, semua kontak erat telah dilakukan tracing dan dinyatakan tidak terjangkit virus tersebut.

"Infonya memang betul itu pasien pertama namun demikian semua kontak erat dengan bersangkutan sudah dicek, mereka tidak terjangkit dan bersangkutan terus membaik tidak masalah InsyaAllah," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti mengatakan hasil tracing dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menemukan tiga orang kontak erat dan hingga saat ini ketiganya dalam kondisi baik tanpa keluhan kesehatan.

“Hal ini sebagai bagian dari upaya menemukan kasus sedini mungkin, agar dapat dilakukan pemutusan rantai penularan dengan segera,” kata Widyastuti.

Baca juga:  Tidak Hanya Ruam, Ini Gejala Cacar Monyet

Widyastuti menjelaskan pihaknya akan terus memantau perkembangan kondisi pasien dan seluruh kontak eratnya.

"Pasien cukup kooperatif dan terbuka dengan tim kami. Kondisi pasien juga sudah membaik,” tukasnya.

Perlu diketahui, selain dapat menular melalui kontak langsung dari hewan yang sakit juga dapat ditularkan antarmanusia maupun melalui benda yang terkontaminasi oleh virus.

Kendati demikian, penularan cacar monyet antarmanusia tidak mudah. Penularan dari manusia ke manusia dapat melalui kontak erat dengan droplet, cairan tubuh atau kontak langsung kulit ke kulit yang terdapat ruam, termasuk melalui kontak seksual.

Penularan juga dapat terjadi melalui kontak tidak langsung pada benda yang terkontaminasi, seperti pakaian, tempat tidur, handuk atau peralatan makan/piring yang belum dicuci.

Oleh karenanya, Dinkes mengimbau masyarakat untuk tidak panik namun tetap waspada. Upaya mencegah penularan cacar monyet yang dapat dilakukan masyarakat adalah menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat