visitaaponce.com

Bus Berasap di Rawamangun, Transjakarta Akibat Mesin Overheating

Bus Berasap di Rawamangun, Transjakarta: Akibat Mesin Overheating
Sejumlah warga menaiki bus TransJakarta di kawasan Sudirman, Jakarta.(MI/Ramdani)

TRANSJAKARTA telah selesai melakukan investigasi terhadap unit bus gandeng (articulated) yang mengalami overheating di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, pada Rabu (9/11) kemarin.

Hasilnya, APAR otomatis menyemprot saat mesin overheating, sehingga timbul asap dan dipastikan tidak terbakar. Petugas juga langsung mencari gangguan pada komponen yang mengakibatkan mesin overheating.

Dari pemeriksaan, ditemukan komponen yang mengalami gangguan pada bagian pompa pendingin. “Kita langsung tindaklanjuti dengan mengganti serta menambah komponen pengamanan pada bagian tersebut,” ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor, Kamis (10/11).

Baca juga: Transjakarta Tabrak Pejalan Kaki, DPRD Panggil Direksi

Adapun Transjakarta juga melakukan pengecekan terhadap seluruh armada sejenis. Tujuannya, memastikan kondisi bus dan menghindari hal serupa kembali terjadi. Hingga kini, pengecekan komponen pengaman sudah dilakukan 70% dari total armada gandeng.

“Ini langkah preventif yang kita lakukan untuk memastikan semua bus laik beroperasi. Sehingga, mobilitas pelanggan bisa terlayani dengan baik, aman dan nyaman,” katanya.

Baca juga: Kapolda Metro Minta Anggota Bersahabat dengan Masyarakat

Seluruh proses investigasi dan pengecekan sendiri didampingi langsung oleh tim Transjakarta bersama Perum PPD selaku mitra operator terkait. Transjakarta rutin melakukan pendampingan mitra operator lain untuk melakukan pengecekan kelaikan armada.

Sebelumnya, pada Rabu (9/11) siang, terjadi gangguan mesin pada bus gandeng di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta. Timbul asap pada mesin yang terletak di bagian belakang bus. 

Dua unit mobil pemadan dan 10 petugas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan diluncurkan ke lokasi. Tidak ada penumpang yang menjadi korban atas peristiwa tersebut, karena bus dalam kondisi kosong.(OL-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat