visitaaponce.com

Jakarta Ajak Bodetabekuntuk Bersinergi Kendalikan Inflasi

Jakarta Ajak Bodetabek untuk Bersinergi Kendalikan Inflasi
Pedagang melakukan aktivitas bongkar muat di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta.(Dok. MI)

PENJABAT (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri Upacara Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI di Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta pada Jumat (24/2) ini. 

Diketahui, Arlyana Abubakar diangkat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta menggantikan Onny Widjanarko. Pj Gubernur Heru menyebut Pemprov DKI siap menyinergikan program perekonomian dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI.

Menurutnya, sinergi tersebut perlu dilakukan, bahkan melibatkan daerah penyangga Jakarta, yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek), sebagai upaya mengendalikan inflasi.

Baca juga: Pemerintah Upayakan Inflasi Tahun Ini Terjaga Sesuai Target

"Harapannya, sinergitas itu bukan dengan DKI saja, tapi se-Jabodetabek. Karena, penanganan inflasi tidak bisa hanya dilakukan di Jakarta. Sekitar Jakarta juga harus dibantu penurunan inflasinya," kata Heru.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengadakan pertemuan khusus dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terkait penanganan inflasi.

"Cari waktu untuk kita kumpul dengan TPID dari Bogor, Bekasi, Tangerang dan Depok. Saya ajak dan undang ke Jakarta untuk diskusi," imbuh Heru.

Baca juga: Kawasan Harmoni Makin Macet Imbas Proyek MRT, Dishub DKI: Gage Jalan Terus

Adapun Pemprov DKI tengah menyiapkan skema agar perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur tidak berdampak pada sektor  lain. "Kami juga harus menjaga semua stabilitas. Ke depan, sebagai global city, Jakarta terus menjaga kebijakan yang memudahkan masyarakat berkegiatan ekonomi," pungkasnya.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung menyatakan bahwa dalam mengawal perekonomian, ada tiga hal yang harus diteruskan untuk meningkatkan kontribusi Bank Indonesia terhadap Pemprov DKI.

Rinciannya, yaitu mengimplementasikan peran sebagai strategic advisor yang kredibel dan dapat diandalkan. Kemudian, memperkuat langkah koordinasi dalam pengendaian inflasi. Serta, mendorong digitalisasi daerah, khususnya DKI Jakarta, agar memiliki dukungan infrastruktur dan literasi digital yang baik.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat