visitaaponce.com

Luhut Umumkan Nasib Warga Tanah Merah pada 2 April 2023

Luhut Umumkan Nasib Warga Tanah Merah pada 2 April 2023
Foto udara permukiman penduduk yang hangus terbakar dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang(Antara Foto/Risyal)

MENTERI Koordinator (Menko) Maritim dan Investasi (Marves), Luhut Pandjaitan, menyatakan, pihaknya bakal mengumumkan soal kelanjutan nasib warga Jl Tanah Merah atau di sekitar Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Hal itu dinyatakan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, saat ditanya soal kelanjutan nasib warga yang mengontrak usai kediamannya di Jalan Tanah Merah terbakar.

"Iya, nasib warga Jalan Tanah Merah nanti diumumkan Menko Marves tanggal 2 April," jelas Heru di Kamal Muara, Jakarta Utara, Selasa (28/3).

Adapun kelanjutan nasib yang dimaksud adalah tempat tinggal warga Jl Tanah Merah usai waktu sewa kontrakan mereka yang dibiayai Pertamina berakhir.

Baca juga: BPJamsostek Beri Santunan Rp211 Juta kepada Ahli Waris Kebakaran TBBM Plumpang

Di satu sisi, Heru mengakui belum memilih tempat untuk merelokasi warga Jl Tanah Merah. Kini, pihaknya masih membahas dan mendata warga Jl Tanah Merah.

"Belum memilih tempat relokasi warga. Lagi kami bahas dan mendata," ujarnya.

Baca juga: Buffer Zone Harus Segera Dibangun Cegah Kasus Plumpang Berulang

Sementara sebanyak 160 kepala keluarga (KK) yang kehilangan tempat tinggal karena kebakaran Depo Pertamina Plumpang menerima uang untuk mengontrak selama tiga bulan sebesar Rp3,6 juta ditambah Rp2 juta.

Seperti diketahui sebanyak 33 warga meninggal dunia karena kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Terdapat puluhan orang luka-luka akibat peristiwa yang sama.

Sementara pasca peristiwa kebakaran itu, pemerintah menyatakan, akan memindahkan depo ke lahan milik Pelindo yang jauh dari permukiman penduduk. Namun, pemindahan itu masih butuh waktu lama, sehingga pemerintah ingin merelokasi lebih dulu warga yang tinggal di sekitar Depo Plumpang Pertamina. (

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat