visitaaponce.com

Penunjukan Karyoto sebagai Kapolda Metro Jaya adalah Kejutan

Penunjukan Karyoto sebagai Kapolda Metro Jaya adalah Kejutan
Kapolda Metro Jaya Karyoto(Antara/Rival Awal Lingga)

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menilai penunjukan Karyoto sebagai Kapolda Metro Jaya dalam mutase besar-besaran di tubuh Polri adalah sebuah kejutan. Pasalnya, selama 23 tahun berkiprah di Korps Bahayangkara, ia belum pernah menjabat sebagai Kapolda.

"Ini mengejutkan. Penunjukan Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi Karyoto jadi Kapolda Metro Jaya sebagai penanggung jawab keamanan Ibu Kota Negara dan sekitarnya," ujar Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (30/3).

Sebelum berkiprah di KPK, Karyoto hanya sempat menjabat sebagai wakil kapolda di Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat itu, Edi menilai Karyoto memiliki kinerja baik, berintegritas dan tegas dalam penegakan hukum.

Baca juga: Karyoto jadi Kapolda Metro Jaya, Firli: Terima Kasih Kapolri

Ia juga dianggap sebagai sosok polisi tulen yang santun dan sederhana dalam bertugas.

"Banyak harapan terhadap Karyoto agar dia bisa meningkatkan kinerja Polda Metro Jaya semakin baik lagi," ucap dosen hukum kepolisian di Universitas Bhayangkara Jakarta itu.

Baca juga: Karyoto Diangkat jadi Kapolda Metro, KPK Siapkan Plt

Selain Karyoto, Kapolri juga menunjuk Akhmad Wiyagus Sebagai Kapolda Jawa Barat, Helmy Santika menjadi Kapolda Lampung, Agus Nugroho sebagai Kapolda Sulawesi Tengah dan Angesta Romano Yoyol sebagai Kapolda Gorontalo.
Kemudian, Pipit Rismanto dipercaya menjadi Kapolda Kalimantan Barat dan Setyo Boedi Moempoeni Harso sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.

"Kita mengharapkan tujuh kapolda yang ditunjuk Kapolri ini bisa meningkatkan kinerja kepolisian menjadi lebih baik lagi," kata Edi Hasibuan.

Selain tujuh kapolda, surat telegram nomor ST/713/III/KEP./2023 tertanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani Wakapolri Gatot Eddy Pramono itu juga melibatkan 144 perwira tinggi dan menengah untuk berbagai posisi di Mabes Polri, kepolisian daerah (polda) dan kepolisian resor (polres). (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat