visitaaponce.com

ASN DKI Jakarta Mau Cuti Tambahan Ini Syaratnya

ASN DKI Jakarta Mau Cuti Tambahan? Ini Syaratnya
ASN DKI Jakarta boleh mengajukan cuti tambahan dengan syarat hanya 5% dari masing-masing bagian.(Antara)

KEPALA Badan Kepegawain Daerah (BKD) DKI Jakarta Maria Qibtya memperbolehkan aparatur sipil negara (ASN) yang tengah mudik untuk mengambil cuti tambahan. Namun, pihaknya membatasi jumlah ASN yang mengambil cuti tambahan di setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

"Dengan ketentuan maksimal 5% dari jumlah pegawai di masing-masing perangkat daerah," ujar Maria dalam keterangan tertulis, Selasa (25/4). 

Maria menyebut apabila ASN yang tidak mendapatkan kuota cuti tambahan, diwajibkan tetap masuk pada Rabu (26/4). Selain itu, Pemprov DKI menunda pelaksanaan halalbihalal pada esok hari. 

Baca juga : Presiden Terbitkan Cuti Bersama untuk ASN, Cek Jadwal Lengkapnya

Hal ini sebagai tindaklanjut dari surat imbauan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-Rebiro) Nomor B/480 /M.KT.01/2023 terkait penundaan pelaksanaan halalbihalal di hari pertama kerja. Surat yang dikeluarkan 24 April 2023 itu ditandatangani Menpan-RB Ad Interim Mahfud MD.

"Memperhatikan arahan Menteri PAN-Rebiro Ad Interim, Pemprov DKI tidak melaksanakan halalbihalal. Tentunya, kami menyesuaikan dengan imbauan tersebut," jelas Maria. 

Kegiatan halalbihalal ditunda sampai awal pekan kedua setelah Hari Raya Idulfitri 1444 H atau 2 Mei 2023. 

Baca juga : Keluarga ASN yang Pindah ke IKN bakal Dapat Insentif

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemudik untuk menunda kepulanganya dari kampung halaman dan mengambil cuti tambahan. Terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki keperluan mendesak.

Jokowi berharap pemudik dapat kembali ke daerah perantaunya setelah tanggal 25 April 2023. Instruksi ini berlaku bagi masyarakat yang berprofesi sebagai ASN, TNI, Polri, hingga pegawai swasta. 

Imbauan ini dikeluarkan menyusul data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang mencatat terdapat potensi kelonjakan arus balik secara signifikan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Tercatat bakal ada 203 ribu kendaraan yang melawati jalan tersebut dalam sehari.  (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat