visitaaponce.com

5 Pesan Ketum PP Muhammadiyah di Milad 31 Tahun RSIJ Sukapura

5 Pesan Ketum PP Muhammadiyah di Milad 31 Tahun RSIJ Sukapura
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.(MI/WIDJAJADI)

KETUA Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan lima pesan saat menghadiri Milad ke-31 Rumah Sakit Islam Jakarta (RSIJ) Sukapura, Jakarta pada Rabu (4/5).

Pertama, milad selayaknya menjadi momentum untuk menguatkan aspek ruhaniyah, yaitu badlul juhdi atau bersungguh-sungguh dalam mengembangkan RSIJ menjadi rumah sakit yang unggul.

“Mengerahkan segala kesungguhan kita. Hampir semua Amal Usaha Muhammadiyah bertumbuh dari kecil, kecil, kecil, lalu menjadi besar. Bukan hanya di kota-kota besar, tapi juga di daerah-daerah. Di Papua, NTT, Aceh, pelosok-pelosok Kalimantan dan lain-lain sehingga menegaskan bahwa Muhammadiyah bukan fenomena kota,” terangnya.

Kedua, Haedar menekankan pentingnya kebersamaan dan ukhuwah dalam menerjemahkan tema milad Bigger together.

Baca juga: Ini Bukti Satgas PP Muhammadiyah Bantu Tangani WNI dari Sudan

“Jadi jangan sekadar jadi tema, tapi jadi etos. Saya yakin kalau kita bersama kita jadi kuat. Muhammadiyah hebatnya di situ. Ada riak-riak, dinamika tapi kita kuat kebersamaannya. Jadi dari Direktur Utama sampai cleaning service dengan posisi peran berbeda saling menyangga, berbuat secara kolektif dan harus merasa saling bersaudara sehingga ketika ada (rekannya) yang sukses kita ikut senang dan ketika ada yang tidak sukses kita ikut berempati,” pesannya.

Ketiga, Haedar menekankan pentingnya RSIJ untuk membangun pelayanan yang berlandaskan welas asih dan Surat Al-Maun sehingga semua pasien yang datang merasa terlayani dengan nyaman, apapun latar belakang segmen ekonominya.

Haedar meminta agar pasien yang datang dilayani dengan sebaik mungkin karena mereka yang sakit termasuk keluarganya memiliki perasaan sensitif.

Baca juga: RUU Kesehatan, Rektor UGM Soroti Rumah Sakit sebagai Penyelenggara Pendidikan Dokter Spesialis

Keempat, Haedar menekankan penguatan sistem dan tata kelola yang baik. Dengan sistem yang baik, maka suatu organisasi/institusi itu bisa terus survive meskipun ditinggalkan orang-orang terbaiknya.

Kelima, Haedar berpesan agar seluruh tenaga kesehatan dan karyawan di RSIJ Sukapura memadukan profesionalisme dan pengkhidmatan kerja sebagai ibadah. Untuk itu, penguatan nilai Islam dan Kemuhammadiyahan menurutnya perlu terus diperkuat.

“Peran Muhammadiyah dalam memajukan umat dan bangsa adalah misi tajdid sehingga harus dilandasi oleh Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Islam itu menjadi nilai, jiwa dan orientasi sikap tindakan kita sehingga nilai Islam itu kemudian membangun keadaban kita dalam sistem Bermuhammadiyah, bermasyarakat, dan berbangsa,” pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat