visitaaponce.com

Buntut Kebocoran Halte Bundaran HI, Pt Transjakarta Diminta Segera Lakukan Audit Internal

Buntut Kebocoran Halte Bundaran HI, Pt Transjakarta Diminta Segera Lakukan Audit Internal
Bus TransJakarta melintas di dekat proyek revitalisasi Halte TransJakarta Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta pada tahun 2022(Antara)

PT TRANSPORTASI Jakarta (Transjakarta) diminta untuk segera melakukan audit internal untuk mengevaluasi pekerjaan pelaksanaan pembangunan halte yang tersebar di Ibu Kota. Desakan tersebut buntut dari kebocoran Halte Transjakarta Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang viral di media sosial. 

Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Yoga, menyatakan, perlu dilakukan audit internal secepatnya untuk mengevaluasi pekerjaan dalam pelaksanaan pembangunan halte-halte Transjakarta 

Sehingga kejadian serupa itu tidak terulang kembali," kata Nirwono Yoga, di Jakarta, pada Selasa (16/5).

Baca juga : Halte Baru Bocor, DPRD Minta TransJakarta Evaluasi Kontraktor

Terlihat di lapangan Halte Bundaran HI bocor. Karena itulah, lanjut Nirwono, pihaknya berharap mestinya Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menegur Dirut Transjakarta soal Halte Bundaran HI yang bocor itu.

Nirwono juga meminta Heru untuk menegur keras Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta.

Baca juga : Halte Transjakarta Bundaran HI Dinilai Melenceng dari Awal Gagasan Anies

"Pj Gubernur DKI harus menegur keras Dirut PT Transjakarta terkait kinerja soal pengawasan pembangunan halte yang bocor," tandas Nirwono.

Menurut dia, apa pun bentuk kerusakan halte termasuk kebocoran merupakan tanggung jawab PT Transjakarta.

Dengan demikian, Heru Budi disarankan untuk memberi sanksi tegas dengan mengganti seluruh jajaran direksi.

Namun saat ditanya kepada pihak PT Transjakarta soal Halte HI bocor saat hujan, PT Transjakarta menepis soal tanggung jawab ada pada kontraktor. 

"Bagaimanapun itu merupakan tanggung jawab Transjakarta. Jika perlu sanksi tegas dengan mengganti seluruh jajaran direksi yang dinilai lalai," ungkap Nirwono.

Sebelumnya, PT Transjakarta menyebutkan, pihak kontraktor masih mengerjakan proses revitalisasi sejumlah halte Transjakarta di Ibu Kota. Karena itu, masih ada beberapa halte yang mengalami kerusakan, salah satunya Halte Bundaran HI sempat bocor saat hujan pada 4 Mei 2023. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat