visitaaponce.com

Kapal Pengangkut Solar di Jakut Terbakar, Dua Orang Luka Parah

Kapal Pengangkut Solar di Jakut Terbakar, Dua Orang Luka Parah
Kapal pengangkut solar terbakar di Penjaringan, Jakarta Utara.(MGN)

KAPAL pengangkut BBM jenis solar terbakar di dermaga barat Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman (PPSNZ) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis, (25/5), siang. Lima orang pekerja menjadi korban, dan dua diantaranya dikabarkan mengalami luka bakar sekujur tubuh akibat ledakan.

"Lagi pompa celup, lagi disedot solarnya, tiba-tiba meledak. Ada 4 orang di dalam sama saya, korbannya lima tadi di kapal, yang dibawa ke rumah sakit ada satu kayaknya luka sekujur tubuh. Meledak di palka (bawah geladak) kapal," kata Deny, salah satu saksi kru kapal yang saat kejadian di lokasi.

Kepala Pleton Damkar Sektor Penjaringan, Kilau Sinulingga, mengatakan ada dua korban yang terluka. Kini keduanya telah dibawa ke rumah sakit Atma Jaya untuk mendapat perawatan medis. Kilau mengatakan kapal yang terbakar bernama KM Mitra Usaha 05. Kejadian berawal saat kru kapal sedang melakukan pengurasan di lambung kapal.

Baca juga: Kapal Terbakar di Tengah Lautan, 11 ABK Hilang

"Kronologi kebakaran jadi sedang dalam pengurasan kapal di lambung kapal, ada pengerjaan pengurasan dan di luar dari kontrol tiba-tiba timbul asap," kata Kilau.

Api sempat menyala namun beruntung dibantu oleh cairan teepol untuk menghambat rambatan api.

Baca juga: Lima ABK WNI Jadi Korban Kapal Malaysia yang Terbakar

"Sempat nyala api, dan timbul asap tapi penanganan dengan cepat menggunakan teepol sehingga kita berhasil memadamkan dan tidak merambat ke lambung kapal yang ada BBM. Titik api memang ada di lambung kapal," kata Kilau.

Petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi langsung melakukan pemadaman menggunakan bantuan foam. Sehingga kerugian bisa ditekan dengan penanganan yang tepat.

"Kita menggunakan air tawar yang ada di sini supaya foam itu bekerja dengan maksimal ya," kata Kilau.

Sebanyak empat unit pemadam dikerahkan. Tak sampai satu jam, api dapat dilokalisir dan masuk pada tahap pendinginan.

(Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat