visitaaponce.com

Dukung Ekonomi Kreatif Bogor Utara, Wakil Ketua Kadin Bogor Gencarkan Program Adaptif

Dukung Ekonomi Kreatif Bogor Utara, Wakil Ketua Kadin Bogor Gencarkan Program Adaptif
Wakil Ketua Kadin Kota Bogor Teguh Ponco Pamungkas saat bersama organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Bogor(Dok. Pribadi)

PENGEMBANGAN ekonomi kreatif menjadi salah satu solusi dalam mengurangi jumlah pengangguran dan menambah keterampilan baru. Hal itu juga menjadi perhatian Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bogor, Teguh Ponco Pamungkas yang mengembangkan program Adaptif.

Program Adaptif merupakan singkatan dari Pengabdian untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif. Salah satu implementasinya ialah mendonasikan creative marketing strarter pack untuk UMKM yang sudah berjalan sejak 2021.

Komponen kegiatannya berupa video busines profile, photo product, desain banner, desainn kartu nama, hingga konten media sosial yang diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Baca juga : Semarak Jejakk Kreatif Indonesia 2023 Dorong Inovasi dan Kewirausahawan

'Saya lebih memilih untuk penetrasi langsung ke warga sekitar dengan kongret dan realistis, dimulai dari Bogor Utara terlebih dahulu, tempat dimana saya tumbuh menjadi seorang creativepreneur," kata Ponco dalam keterangannya.

Ponco menambahkan, bersama timnya, ia terus menggencarkan program Adaptif hingga secara konsistem dan berkala bisa berjalan dan menghasilkan karya setiap bulan.

Baca juga : Dorong Perkembangan Fesyen, Esmod Jakarta Hadirkan Workshop di Jawa Timur

Ponco mengaku melihat banyak potensi di Bogor Utara. Creativepreneur yang dikembangkannya pun sudah mondar-mandir puluhan kali Indonesia-Italia untuk keperluan bisnis di industri olahraga sejak 2013, 

Lewat unit usaha Diciri, Ponco juga menggerakan para pemuda di daerah sekitar untuk menjadi kreator agar berdampak di masyarakat, terlebih pelaku UMKM yang dihatapkan bisa mendapatkan manfaat dari program Adaptif.

"Adaptif adalah program sosial yang bisa memudahkan para pengusaha kecil agar langsung jualan tanpa memikirkan biaya produksi video, biaya foto produk hingga biaya desain. Saya bisa saja membuka pelatihan atau mentoring untuk UMKM namun belum saya lakukan karena saya memilih untuk mentoring calon tenaga kerja yang bermukim di dekat creative studio Diciri di wilayah Bogor Utara," pungkas Ponco. (RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat