visitaaponce.com

Hewan Kurban di Jakarta Dipastikan Bebas Penyakit Mulut dan Kuku

Hewan Kurban di Jakarta Dipastikan Bebas Penyakit Mulut dan Kuku
Seorang pekerja sedang memberikan pakan sapi kurban(MI / Adi Kristiadi)

DINAS Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memastikan tidak ada hewan kurban yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK), lumpy skin disease (LSD), dan Peste Des Petits Ruminants (PPR). Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan hewan kurban di Ibu Kota sudah bebas PMK sejak awal 2022. 

"Jakarta dinyatakan 0 kasus, ini pun berkat kerjasama kami semuanya," terang Eli saat rapat bersama Komisi B DPRD, Rabu, (14/6).

Baca juga : 15 Masalah Kurban Dijawab Imam Nawawi Mazhab Syafii

Selain itu, untuk penyakit LSD yang kerap menyerang sapi dan kerbau dipastikan tidak ada yang menjangkit hewan kurban di Jakarta. Hal serupa juga terjadi pada penyakit PPR yang kerap menjangkit kambing dan domba.

Baca juga : Mau Banyak Makan Daging tapi Tetap Sehat saat Idul Adha? Ini Tipsnya

"Terkait penyakit LSD sesungguhnya memang bagi kami sendiri, kantong-kantong daerah yang biasa masuk ke Jakarta itu sesungguhnya adalah aman," beber Eli.

Lebih lanjut, Eli mengungkapkan bahwa kasus LSD tertinggi terjadi di Aceh. Namun, katanya, hewan kurban dari Aceh sulit untuk masuk ke Jakarta.

"Nah yang perlu diwaspadai sebetulnya adalah daerah-daerah sekitar kita, misalnya dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Makanya kita kerja sama, namanya adalah Pejabat Otoritas Veteriner yang menandatangani surat keterangan hewan," tambah Eli.

Sementara itu, DPRD DKI mendorong Dinas KPKP DKI Jakarta memperketat proses penyeleksian hewan kurban yang mengidap penyakit. Ini penting dilakukan untuk memastikan kesehatan hewan jelang Idul Adha 2023.

"Saya lihat perlu dipastikan kembali pertama kualitas screening yang dilakukan Dinas setempat," kata Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail. 

Ismail mengatakan pihaknya sudah mendengar skema proses seleksi yang telah dilakukan Dinas KPKP dan pemerintah provinsi tempat penyuplai hewan kurban. Setiap ekor hewan yang dikirim ke DKI dilengkapi dengan data screening hasil penyeleksian di tempat untuk membuktikan kondisi kesehatan hewan kurban. (MGN/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat