visitaaponce.com

DKI Awasi 82 Ribu Hewan Kurban Jelang Idul Adha

DKI Awasi 82 Ribu Hewan Kurban Jelang Idul Adha
Penjualan hewan kurban di Jakarta(MI/Usman Iskandar)

KEPALA Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan sebanyak 82 ribu ekor hewan kurban diperkirakan akan masuk ke Ibu kota jelang Idul Adha.

"Kurang lebih 82.000 (Hewan kurban)," kata Eli saat dikonfirmasi, dikutip Selasa (20/6).

Lebih lanjut, Eli sapaan akrabnya menjelaskan pihaknya tengah melaksanakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban di tempat penampungan atau penjualan hewan kurban di wilayah DKI Jakarta.

Baca juga: Kalimantan Selatan Tingkatkan Pengawasan Hewan Kurban

"Petugas juga melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kepada pemilik/penjual hewan kurban terkait pencegahan penularan penyakit hewan, penerapan biosecurity, dan pelaporan jika ditemukan adanya dugaan kasus penyakit hewan menular," jelas Eli.

Menurut Eli, penilaian kelayakan tempat penjualan dan penampungan hewan kurban, antara lain mengecek fasilitas penunjang seperti atap peneduh, pagar pengaman, kandang karantina dan isolasi, penampungan limbah, serta area disposal.

Baca juga: Mentan Pastikan Stok Hewan Kurban Tahun Ini Aman

Pemprov DKI Jakarta menerapkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 17 Tahun 2023 untuk prosedur lalu lintas hewan kurban yang masuk ke wilayah DKI Jakarta.

Selain itu, lanjutnya Dinas KPKP juga telah melaksanakan sosialisasi dan koordinasi dengan Dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan serta Pejabat Otoritas Veteriner daerah yang menjadi pemasok hewan kurban.

"Diharapkan upaya ini dapat menjamin hewan kurban yang masuk ke DKI Jakarta aman dan sehat," ucapnya.

Lebih lanjut, Eli mengungkapkan hasil pemeriksaan kesehatan hewan di tempat penampungan hewan kurban (TPnHK) di lima wilayah kota per 19 Juni 2023 dengan jumlah lokasi 261 TPnHK.

Rinciannya, sudah ada 22.695 ekor hewan yang diperiksa terdiri dari 14.144 ekor sapi, 58 ekor kerbau, 6.993 ekor kambing, dan 1.302 ekor domba. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat