visitaaponce.com

PAM Jaya dan Sektor Swasta Didorong Lakukan Pelestarian Air

PAM Jaya dan Sektor Swasta Didorong Lakukan Pelestarian Air
Petugas PAM Jaya memeriksa Total Dissolved Solids (TDS) di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Mookervat, Daan Mogot, Jakarta, Senin (22/8/2022).(ANTARA/APRILLIO AKBAR)

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan dirinya dan anggota dewan yang lain akan selalu mendorong PAM Jaya dapat meningkatkan pelayanan, termasuk dalam penyediaan akses air bersih bagi seluruh warga Jakarta. Ia ingin pelayanan air bersih kepada masyarakat harus cepat dan tepat.

Peran sektor swasta, kata Prasetyo, dalam upaya pelestarian air sangat dibutuhkan, sehingga kualitas sumber air baku di Jakarta dapat meningkat. Sinergi antara legislatif, eksekutif, dan sektor swasta dalam menjaga kelestarian lingkungan, terutama kualitas sumber air, harus terus berlanjut.

"Dengan tersedianya sumber air baku yang layak, maka target peningkatan 100% cakupan pelayanan dapat terpenuhi dengan cepat," kata Prasetyo dalam Jakarta Water Hero Award 2023 yang digelar PAM Jaya di Jakarta International Equestrian Park, Pulomas, Jakarta, Selasa (20/6).

Baca juga: PAM Jaya Targetkan 226.500 Rumah Dapat Air Bersih

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono mengapresiasi perusahaan yang menjaga lingkungan hidup dengan menggunakan air perpipaan. Apresiasi ini diberikan kepada 13 perusahaan dalam acara

"Selamat kepada para pelanggan air perpipaan Jakarta yang hari ini memperoleh penghargaan Jakarta Water Hero 2023. Semoga penghargaan ini menginspirasi kita semua untuk terus aktif dalam menjaga keberlanjutan sumber daya air dengan menggunakan air perpipaan," kata Heru dalam keterangan resminya, Rabu (21/6).

Heru mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang menjadi pelanggan PAM Jaya, karena telah memberikan upaya yang terbaik di tingkat kepatuhan dan penggunaan air perpipaan, sehingga mereka diberikan penghargaan. Ia berharap, penghargaan ini dapat memberikan semangat kepada pelanggan lainnya untuk tepat waktu dalam membayar dan mempertahankan lingkungan hidup dengan menggunakan air perpipaan.

"Saya berharap, pemberian apresiasi pelanggan Jakarta Water Hero ini menjadi motivasi bagi seluruh pemilik, pengelola gedung, serta seluruh elemen warga untuk melaksanakan langkah nyata dalam menjaga kesinambungan dan keseimbangan ekosistem air di wilayah kita," ujar Heru.

Lebih lanjut, ia juga mengapresiasi PAM Jaya atas komitmennya dalam mewujudkan kedaulatan air bagi warga Jakarta melalui berbagai upaya percepatan layanan, seperti penambahan suplai air, perluasan, dan peningkatan layanan.

Menurutnya, pelestarian air dan perlindungan keberlanjutan sumber air bersih merupakan hal yang penting. Di tengah keterbatasan sumber air di Jakarta, setiap elemen masyarakat perlu terlibat dalam meningkatkan kualitas sungai Jakarta, sehingga bisa dijadikan sumber air baku air minum, dan PAM Jaya dapat mencapai 100% cakupan pelayanan air perpipaan pada 2030.

Baca juga: PAM Jaya Lakukan Penyesuaian Tarif Pelanggan di Jakarta Utara

Sementara itu, Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasruddin menerangkan, pemberian penghargaan ini dilakukan karena peserta yang terpilih menjadi pemenang telah terbukti menjadi salah satu ujung pangkal untuk memaksimalkan penggunaan air pipa dengan lebih baik lagi.

Apalagi, lanjut Arief, Jakarta saat ini berupaya memerangi eksploitasi air tanah. Dengan situasi dan kondisi saat ini, PAM Jaya harus memenuhi cakupan air lebih banyak lagi untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Jakarta. Untuk itu, pihaknya tetap mengampanyekan stop mengekploitasi air tanah, karena itu akan merusak struktur lingkungan yang saat ini dimiliki.

"Kami siap sedia bekerja cepat menargetkan yang sudah diperintahkan Pak Pj Gubernur kepada kami, yakni pelayanan air perpipaan di Jakarta bisa dilaksanakan 100% pada 2030. Tersedia akses air perpipaan tentu saja membawa dampak bagi kualitas hidup warga Jakarta, baik dalam segi ekonomi maupun kesehatan," terang Arief. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat