visitaaponce.com

Ini 4 Tips Penting Memilih Hewan Kurban Ala Pemprov DKI Jakarta

Ini 4 Tips Penting Memilih Hewan Kurban Ala Pemprov DKI Jakarta
Ilustrasi - Bingung memilih hewan kurban? Berikut empat tips memilih hewan kurban yang dibagikan Pemprov DKI Jakarta.(Antara)

IDUL Adha tinggal hitungan hari. Banyak masyarakat yang mulai membeli hewan kurban. Nah bagi yang ingin membeli hewan kurban, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membagikan empat tips khusus. 

Dikutip dari akun Instagram Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta, setidaknya ada empat tips penting yang harus Anda perhatikan saat hendak membeli hewan kurban.

1. Cukup umur

Baca juga: Penjualan Kurban di OKU Anjlok Akibat Penyakit Lato-Lato

Untuk kambing atau domba berumur lebih dari satu tahun ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. "Sementara untuk sapi atau kerbau umurnya lebih dari 2 tahun ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap," jelas video yang diunggah akun Instagram Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta, Senin (26/6).

2. Tidak Cacat 

Baca juga: Jelang Idul Adha, SDG Gelar Pelatihan  Cara Penyembelihan Hewan Kurban di Jaksel

Perhatikan kondisi hewan yang hendak dibeli, pastikan tidak cacat. Di antaranya hewan tidak pincang, hewan tidak buta dan kondisi telinga hewan tidak rusak.

3. Sehat

Pilih hewan yang sehat, seperti aktif bergerak, mata bersinar, kulit bagus, bulu mengkilat dan tidak rontok, telinga bersih dan nafsu makan juga baik. "Pastikan juga hewan kurban pilihan kita tidak kurus ya, tidak terlihat tonjolan tulang yang merata di seluruh tubuh hewan kurban," ujarnya.

4. Tempat Terpercaya

Belilah hewan kurban dari penjual atau lembaga sosial yang terpercaya dan sudah memiliki sertifikat atau surat kesehatan hewan. "Hal ini supaya hewan kurban pilihan kita aman, berkualitas dan terpercaya," tutup video yang diunggah akun Instagram Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta tersebut.

(Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat