visitaaponce.com

Pemprov DKI Diminta Perbanyak Waduk

Pemprov DKI Diminta Perbanyak Waduk
Pekerja menyelesaikan pembangunan Waduk Dukuh di Kramat Jati, Jakarta, Jumat (9/12/2022).(ANTARA/SULTHONY HASANUDDIN)

NORMALISASI Kali Ciliwung dilanjutkan oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono setelah sebelumnya dihentikan oleh Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Namun, meskipun dilanjutkan, normalisasi berjalan lambat. Tahun ini, pekerjaan fisik normalisasi baru dimulai di Kelurahan Cililitan, Jakarta Timur sepanjang 500 meter.

Akibatnya, Jakarta masih akan dibayang-bayangi oleh banjir dalam waktu beberapa tahun ke depan. Untuk itu, Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh menyebut ingin agar Pemprov DKI dapat memaksimalkan peran waduk untuk menampung limpahan air.

Baca juga: Normalisasi Kali Ciliwung Sampai ke Cililitan, Pembebasan Lahan 7 Kelurahan Dikebut

"Jadi perbanyak dulu waduk. Kan ada beberapa lahan aset BUMD yang belum digunakan rencananya akan digunakan sebagai waduk," ujar Nova saat dihubungi Media Indonesia, Senin (3/7).

Pemprov DKI Jakarta juga memiliki waduk-waduk yang sudah dibangun sebelumnya dan bisa dimaksimalkan seperti Waduk Kampung Rambutan, Waduk Pondok Ranggon, dan Waduk Brigif.

Baca juga: Proyek Sodetan Kali Ciliwung Kebijakan tidak Populis untuk Kepentingan Besar

Optimalisasi waduk sudah dicontohkan oleh pemerintah pusat melalui pembangunan Waduk Ciawi dan Waduk Sukamahi. Kedua waduk itu berperan mengurangi volume air Kali Ciliwung dari hulu.

"Sehingga untuk di hilirnya pun kita harus bisa mengurangi," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat