visitaaponce.com

Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas, Kemenhub Imbau Masyarakat Beralih ke Transportasi Umum

Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas, Kemenhub Imbau Masyarakat Beralih ke Transportasi Umum
Ilustrasi transportasi publik: bis Transjakarta(Dok.MI)

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat untuk segera mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, terutama sepeda motor dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Hal itu dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang saat ini tengah meningkat.

Kasubdit Promosi dan Kemitraan Direktorat Sarana Transportasi Jalan Kemenhub Iwan Budiono mengungkapkan, berdasarkan data Korlantas Polri, di tahun 2022 angka kecelakaan di Indonesia mencapai 131.500 kasus yang berujung pada 26.100 korban jiwa.

Angka tersebut naik dibandingkan tahun 2020 dan 2021. Menurutnya, angka kecelakaan di dua tahun tersebut turun karena mobilitas kendaraan bermotor juga turun.

Baca juga : Pengemudi Motor Tewas Terlindas Truk di Kawasan Matraman, Jakarta Timur

"Artinya, apabila mobilitas menurun angka kecelakaan pun menurun dan tingkat fatalitas dapat berkurang," kata Iwan dalam media briefing di Kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis (6/7).

Iwan menjelaskan, pada tahun 2020 angka kecelakaan hanya tercatat sebanyak 100.028 kasus dan di 2021 tercatat 103.645 kasus.

Sedangkan di tahun 2022, angka kecelakaan sebanyak 131.500 kasus dan paling banyak terjadi pada kendaraan roda dua. Tentunya jumlah tersebut 74,35 persen dari total kasus kecelakaan yang terjadi.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat mencari alternatif transportasi yang lebih aman. Misalnya seperti memperbanyak jalan kaki, penggunaan sepeda, dan beralih ke transportasi umum yang lebih aman dan juga lebih ramah lingkungan.

"Kita mau publik berpikir ulang mobilitas yang safe itu dan bisa selamatkan lingkungan adalah transportasi aktif. Kita harap para pengguna ini dapat beralih ke kendaraan yang lebih aman," ujar Iwan. (Fik/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat