visitaaponce.com

Uji Coba LRT Jabodebek Disetop Sementara

Uji Coba LRT Jabodebek Disetop Sementara
Kereta api ringan atau Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek melintas saat uji coba terbatas di jalur LRT Dukuh Atas-Cawang, Jakarta.(ANTARA/Aprillio Akbar)

DIREKTUR Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Mohamad Risal Wasal menyampaikan uji coba pengoperasian kereta ringan atau light rail transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) dihentikan sementara.

Ia menjelaskan Kemenhub dan Kereta Api Indonesia (KAI), selaku operator LRT Jabodebek, tengah melakukan perbaikan pada sarana, prasarana kereta, termasuk soal sistem kereta dan akses layanan untuk integrasi moda transportasi tersebut.

"Kami tunda uji coba selama 4-5 hari untuk melakukan perbaikan atau penyesuaian pada LRT Jabodebek," ujar Risal saat dikonfirmasi wartawan, Senin (17/7).

Baca juga: Melintasi 12 Stasiun, Uji Coba LRT Jabodebek Diwarnai Rem Mendadak

LRT Jabodebek beroperasional terbatas dengan tahapan pertama mulai 12-26 Juli 2023. Mereka yang ikut menjajal moda transportasi terbaru itu dari kementerian/lembaga, jurnalis, dan komunitas yang diundang Kemenhub.

Namun, kata Risal, untuk undangan komunitas yang bakal menjajal moda transportasi terbaru itu akan dijadwalkan kembali akibat penghentian sementara uji coba LRT Jabodebek.

"Komunitas yang kami undang akan dijadwalkan ulang setelah evaluasi yang kami lakukan terhadap uji coba LRT Jabodebek," sebutnya.

Baca juga: Presiden Minta LRT Jabodebek Sampai Karawang dan Bogor

LRT Jabodebek memiliki panjang lintasan 44,43 kilometer. Sepanjang lintasan itu, akan dibangun 18 titik pemberhentian atau stasiun. 

Proyek itu dibangun oleh Kementerian Perhubungan bersama empat BUMN, yakni PT Len Industri (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Industri Kereta Api (Persero), dan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Adapun uji coba operasional terbatas akan dilaksanakan pada pukul 08.00 sampai 12.30 WIB dengan jumlah empat perjalanan kereta per hari, melayani 3 lintas yaitu lintas Cawang-Dukuh Atas, Cawang-Harjamukti dan Cawang-Jatimulya. Dalam sehari, ditargetkan jumlah penumpang LRT maksimal 600 penumpang.

Direncanakan setelah tahap pertama uji coba LRT Jabodebek selesai, akan digelar tahap kedua mulai 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023. 

Masyarakat umum dapat mengikuti uj coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat