visitaaponce.com

Eceng Gondok Jadi Masalah, 2.600 Meter Kubik sudah Diangkut dari Waduk Pluit

Eceng Gondok Jadi Masalah, 2.600 Meter Kubik sudah Diangkut dari Waduk Pluit
Tanaman enceng gondok terlihat memenuhi Waduk Pluit, Jakarta(MI/Usman Iskandar)

PENGAWAS UPK Badan Air Kecamatan Penjaringan, Rabiulla, mengatakan, sekitar 2.600 meter kubik tanaman air eceng gondok dibersihkan dari Waduk Pluit. Angka tersebut dihitung sejak dimulainya kerja bakti UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta pada Senin (17/7) sampai Kamis (20/7).

"Sebanyak 2.600 meter kubik eceng gondok sudah diangkut. Untuk hari ini belum ada laporan karena masih kerja bakti," kata Rabiulla, di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Jumat (21/7).

Rabiulla menyampaikan, penanggulangan eceng gondok di Waduk Pluit sudah baik jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

Baca juga: Viral Lautan Eceng Gondok di Waduk Pluit, DPRD Minta Petugas Kebersihan Ditambah

"Saat ini kerja bakti masih berlangsung. Insya Allah penanggulangan eceng gondok sudah 80 persen kondusif," tambah Rabiulla.

Sama seperti hari-hari sebelumnya, UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menerjunkan sedikitnya 250 personel guna membersihkan eceng gondok.

Baca juga: Si Pitung dan Si Jampang Jadi Andalan Keruk Lumpur di Waduk Pluit

Selain itu, lanjutnya, diterjunkan pula alat berat meliputi ekskavator, amphibious, drager photon, palka, sekatan HDPE, saringan MEH, dan kapal berky. Hal ini, lanjut Rabiulla, demi memudahkan penanganan tanaman air eceng gondok di Waduk Pluit dalam waktu yang singkat.

Diberitakan sebelumnya pada Rabu (19/7) siang, air Waduk Pluit keruh kehitaman. Sementara itu, eceng gondok tumbuh subur di pinggiran Waduk Pluit.

Akibat banyaknya eceng gondok sampai mengapung ke tengah-tengah Waduk Pluit dan terkadang terbawa arus air. Tanaman yang dianggap gulma karena dapat merusak lingkungan perairan tersebut memiliki ketinggian bervariasi, mulai dari 0,4 meter sampai 0,8 meter.

Sebagai informasi, Waduk Pluit merupakan instalasi perairan yang sangat strategis, terutama dalam pengendalian banjir Jakarta mengingat lokasinya berbatasan langsung dengan laut.

Waduk ini memiliki luas 80 hektare sehingga memiliki peran sangat vital bagi warga Jakarta. Karena berfungsi mencegah banjir dengan menampung air, utamanya saat musim hujan.(Ssr/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat