visitaaponce.com

Dua Pekerja Proyek Pembangunan Basement Perkantoran Berhasil Dievakuasi

Dua Pekerja Proyek Pembangunan Basement Perkantoran Berhasil Dievakuasi
Satu orang selamat dan seorang lagi ditemukan tewas akibat tertimbun tanah saat melakukan pembangunan basement perkantoran di Duren Sawit.(Medcom)

SETELAH hampir 3 jam lebih, petugas pemadam kebakaran berhasil mengevakuasi 2 pekerja proyek yang tertimbun tanah saat pembangunan basement perkantoran di jalan Raden Inten Dua, Duren Sawit, Jakarta Timur. Satu orang berhasil selamat dan satu lagi tewas di lokasi.

Korban tewas berinisial S, 33, tertimbun tanah sedalam 2 meter. Sedangkan korban selamat atas nama Usman, 45, berhasil di evakuasi dalam kondisi hidup. keduanya di temukan dengan jarak 5 meter dari korban satu kekorban lainnya. 

"Kita mendalami penyelidikan. Korban ada dua, sudah bisa kita evakuasi, satu dalam kondisi meninggal dunia, dibawa ke RS polri. Satu alhamdulillah bisa kita evakuasi dengan selamat," ujar Akp Sutikno, Kapolsek Duren Sawit.

Baca juga: Kalah Gugatan, PN Tangerang Sita Lahan Paramount di Pagedangan

Menurut Sutikno, kedua pekerja itu tengah mengikat besi pondasi basement dengan kawat. Tiba-tiba pondasi dan tanah ambruk hingga mengubur mereka.

Proses evakuasi kedua korban melibatkan dua unit mobil pemadam kebakaran dan 12 personel pemadam. Kondisi tanah yang belum stabil dan sudut yang cukup sempit menjadi kendala dalam proses evakuasi kedua korban.

Baca juga: Buntut Kabel Optik Semrawut yang Timbulkan Korban, Bina Marga DKI Panggil Bali Towerindo dan Apjatel

Gatot Sulaiman, Kasie Ops Gulkarmat Jaktim mengatakan mereka sempat kesulitan dalam proses penyelamata. Pasalnya kaki  korban tersangkut material bangunan. "Korban pertama yang kita temukan dalam kondisi masih hidup. Saat kita berupaya menarik, kakinya terjeput bata dan coran," ujar Gatot.

Korban selamat kemudian dilarikan ke RS Duren Sawit. Sedangkan korban meninggal dibawa ke RS Polri, Kramat Jati untuk dilakukan autopsi. 

Guna kepentingan penyelidikan, pihak kepolisian Polsek Duren Sawit langsung memasang garis polisi di sekitar area proyek. 

Peristiwa ini diketahui salah satu warga yang bagian belakang rumahnya yang berdekatan dengan proyek pembangunan kantor. Rumah warga itu mengalami kerusakan, dan beberapa barang berjatuhan. Saat di lakukan pengecekan ternyata bagian basement yang masih dalam pengerjaan sudah tertimbun tahan yang longsor. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat