visitaaponce.com

LRT Jabodebek Siap Diresmikan, Ini Evaluasi Presiden Jokowi

LRT Jabodebek Siap Diresmikan, Ini Evaluasi Presiden Jokowi
Evaluasi Presiden Joko Widodo dari uji coba LRT(Antara)

LRT Jabodebek siap diresmikan pada 28 Agustus. Ternyata Presiden Joko Widodo telah memberikan sejumlah catatan terkait pengoperasian LRT Jabodebek agar bisa diperbaiki, saat uji coba pada 3 Agustus lalu.

Antara lain terkait kesesuaian titik pintu kereta dengan platform screen door (PSD) saat kereta berhenti di stasiun. PSD adalah partisi yang membatasi pintu kereta dengan peron stasiun. Untuk itu, hari ini Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan peninjauan kembali terhadap LRT Jabodebek melalui Stasiun Dukuh Atas dan turun di Stasiun Harjamukti.

Heru mengatakan, sebelumnya, saat kereta berhenti, antara pintu kereta dengan titik PSD belum presisi.

Baca juga: JPM Dukuh Atas dan LRT Jabodebek akan Diresmikan Bersamaan 

Namun, saat ia meninjau LRT Jabodebek bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Selasa (22/8) lalu, hal tersebut sudah diperbaiki.

"Yang pertama koreksi dari Pak Presiden kan pintunya, pintunya kurang pas. Kemarin sudah diuji coba, cukup bagus," kata Heru, Jumat (25/8).

Baca juga: Jelang Peresmian Pekan Depan, Heru Tinjau LRT Jabodebek

Selain soal pintu pembatas peron, Presiden juga menaruh perhatian pada ketepatan jadwal kereta. "Soal ketepatan waktunya. Waktunya sudah bagus," tuturnya.

Ia pun menambahkan, LRT Jabodebek rencananya sudah dapat beroperasi secara komersial setelah diresmikan presiden.

Sebelumnya, pemerintah pusat membangun LRT Jabodebek pada 2015 lalu dengan 18 stasiun menghubungkan pusat transit Dukuh Atas ke Harjamukti dan Jatimulya.

LRT Jabodebek dioperasikan oleh PT KAI tanpa masinis dan ditargetkan bisa mengangkut 137 ribu penumpang per hari. Diharapkan, pembangunan angkutan umum massal ini dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan berdampak pada pengurangan kemacetan.  (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat