visitaaponce.com

Belasan Motor tidak Lolos Uji Emisi di Blok M

Belasan Motor tidak Lolos Uji Emisi di Blok M
Petugas melakukan uji emisi gas buang kendaraan bermotor(Antara)

SEDIKITNYA 94 kendaraan roda dua dan empat mengikuti uji emisi di Terminal Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (25/8). Namun Dari jumlah tersebut, sebanyak 13 kendaraan roda dua atau motor tidak lolos uji emisi.

"Kami juga telah menguji sebanyak 32 unit mobil berbahan bakar bensin dan 17 kendaraan berbahan bakar solar, utamanya truk. Semua kendaraan itu dinyatakan lulus uji emisi setelah diperiksa," ujar Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Suku Dinas LH Jakarta Selatan, Tuty Ernawati, di lokasi, kemarin.

Dia menambahkan, pihaknya juga sudah menggelar uji motor 13 unit dan menguji 45 kendaraan. Tapi tidak semua lulus uji emisi, ada 13 kendaraan roda dua yang tidak lolos uji emisi," ungkapnya.

Baca juga : KLHK Masih Tunggu Hasil Pengujian Lab untuk Tindak Perusahaan Penyebab Polusi Jabodetabek

Karena itu, Tuty berharap ke-13 pemilik kendaraan yang tidak lulus uji emisi segera menyervis motornya. Sebab, semakin lama dibiarkan, tentu bertambah mengotori udara di Ibu Kota. 

Baca juga : PDIP Usul Ganjil Genap 24 Jam untuk Tekan Polusi, Heru: Semua Usul Dikaji

"Harapan saya pergunakanlah kendaraan yang sudah lulus uji emisi supaya tidak mengotori udara Jakarta. Sekarang orang bilang udara Jakarta kan kotor, makanya tolong gunakan kendaraan yang sudah lulus uji emisi supaya udara Jakarta menjadi lebih bersih," jelasnya.

Sementara itu, Kanit Keamanan Keselamatan Berlalulintas (Kamsel) Satlantas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Herwice, mengatakan, semua kendaraan yang tidak lolos uji emisi nantinya akan ditilang. Namun, khusus uji coba hari ini, sanksi tersebut belum berlaku.

"Hari ini tidak dilakukan penegakan hukuman dengan sanksi tilang, tetapi dengan surat teguran saja supaya masyarakat sadar," ujarnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat