visitaaponce.com

Lonjakan Pasien ISPA belum Terlihat di Rumah Sakit Polri

Lonjakan Pasien ISPA belum Terlihat di Rumah Sakit Polri
Pasien dengan gejala batuk dan sesak nafas memeriksakan diri di Poli Batuk dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) di Puskesmas(MI / Usman Iskandar)

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta masih terus berupaya untuk mengurangi polusi udara yang akhir-akhir ini terus memburuk. Oleh karena itu, sejumlah dampak negatif dari buruknya kualitas udara pun menghantui warga Jakarta. Salah satu dampak negatif dari polusi udara ialah Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Polri Kramat Jati, Brigjen Hariyanto mengatakan terkait banyaknya pasien penderita ISPA sendiri tergolong biasa saja. Hal tersebut merespon soal buruknya kualitas udara di Jakarta akhir-akhir ini.

Baca juga : Penyiraman Jalan Tak Efektif Tangani Polusi, Ini Kata Heru Budi

"Kalau di Rumah sakit Polri, biasa saja, tak ada peningkatan jumlah pasien yang berhubungan dengan kualitas udara," kata Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Polri Kramat Jati, Brigjen Hariyanto (26/8).

Baca juga : Pakar Kesehatan: Masyarakat Perlu Gunakan Masker N95 di Tengah Polusi Udara

Ia beralasan, tidak terjadinya lonjakan pasien penderita ISPA karena RS Polri sendiri merupakan rumah sakit Tipe A.

"Jadi yang datang berobat biasanya keluhan yang sedang sampai berat. Untuk keluhan sakit yang berhubungan dengan kualitas udara yang masih ringan dan sedang biasanya ke klinik, Puskesmas atau rumah sakit tipe D, atau C," sambungnya.

Ahli Kesehatan Lingkungan Dicky Budiman menyebut polusi udara di perkotaan akan memiliki dampak buruk bagi kesehatan masyarakat di semua golongan usia dan latar belakang. Dampak buruk itu bervariasi mulai dari ringan, menengah, berat, bahkan dapat menyebabkan kematian lebih cepat.

"Dampak utamanya karena polusi udara ini dihirup oleh manusia sebanyak 22 ribu kali per hari. Itu akan mempengaruhi saluran nafas baik itu infeksi saluran nafas atau serangan asma karena di polusi itu ada PM2 poin 5 yang akan merangsang serangan asma. Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) atau COPD juga bisa terjadi akibat paparan polusi udara secara terus menerus dalam jangka panjang dan akan memperburuk saluran nafas,” ujar Dicky. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat