visitaaponce.com

KAI Commuter Siapkan Akses Integrasi Dengan LRT Jabodebek

KAI Commuter Siapkan Akses Integrasi Dengan LRT Jabodebek
Petugas memandu masyarakat yang akan mengikuti uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek, Jakarta, Minggu (27/8/2023).(MI/Susanto)

KAI Commuter telah menyiapkan layanan dan fasilitas integrasi di stasiun-stasiun yang terintegrasi dengan perjalanan LRT Jabodebek, seperti Stasiun Cawang dan Stasiun Sudirman. Hal itu dilakukan untuk memudahkan pengguna yang akan transit dari perjalanan Commuter Line untuk melanjutkan perjalanan dengan LRT Jabodebek.

Di Stasiun Cawang, KAI Commuter telah menyiapkan akses untuk menuju Stasiun LRT Cikoko atau untuk menuju halte Bus Trans-Jakarta.

"Penguna Commuter line, yang hendak melanjutkan perjalanan menggunakan LRT ataupun Bus TransJakarta bisa langsung menuju pintu di sisi Barat Stasiun Cawang dengan mengakses JPO," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi, Minggu (27/8).

Baca juga: LRT Jabodebek Resmi Beroperasi, Jokowi Harap Masyarakat Berbondong-Bondong Naik Transportasi Publik

Saat ini, sebanyak 421 perjalanan yang telah disiapkan KAI Commuter untuk melayani pengguna Commuter Line yang transit di Stasiun integrasi antarmoda Cawang.

"KAI Commuter juga mencatat rata-rata pengguna commuter line yang turun di stasiun tersebut sebanyak 12 -15 ribu orang per harinya, sedangkan pengguna commuter line yang naik di stasiun tersebut sebanyak 11-13 ribu orang per harinya," ujarnya.

Selain itu, Stasiun Commuter Line yang terintegrasi dengan layanan LRT Jabodebek adalah Stasiun Sudirman. 

Baca juga: LRT Jabodebek Segera Diresmikan, Begini Cara Aksesnya dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasarsenen

Dengan lokasi yang strategis karena berada di tengah-tengah kawasan perkantoran Ibu Kota, menjadikan Stasiun Sudirman menjadi salah satu stasiun commuter line yang dilengkapi dengan sistem integrasi antarmoda.

Selain terintegrasi dengan layanan LRT, Stasiun Sudirman juga terintegrasi dengan moda transportasi publik lainnya seperti layanan Commuter Line Basoetta, MRT, dan Bus Trans-Jakarta. 

Pengguna commuter Line bisa mengakses JPO pada sisi Timur stasiun untuk melanjutkan perjalanannya menggunakan LRT. 

KAI Commuter juga telah mengoperasikan sebanyak 277 perjalanan Commuter Line yang akan melayani pengguna di Stasiun Sudirman tiap harinya. Tecatat di Stasiun Sudirman rata-rata volume pengguna Commuter Line pada hari kerja sebanyak 25 – 30 ribu orang per harinya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat