visitaaponce.com

Gunakan Water Mist, Dinas LH Harap Mampu Kendalikan Polusi sebelum KTT Asean

Gunakan Water Mist, Dinas LH Harap Mampu Kendalikan Polusi sebelum KTT Asean
Polusi udara di kawasan Sudirman.(MI/Usman Iskandar )

KEPALA Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto menegaskan pihaknya tengah berkoordinasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terkait pengadaan alat water mist untuk gedung perkantoran milik swasta.

"Ya jadi kami sekarang sedang berkoordinasi dengan BRIN untuk penyediaan water mist tersebut, dan mudah-mudahan prosesnya, prosedurnya bisa kita sesuaikan dalam minggu ini," jelasnya kepada awak media, Rabu (30/8).

Ia berharap hal tersebut bisa terlaksana sebelum gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean di Jakarta pada 4-6 September 2023.

Baca juga: Polusi Udara, Integrasi Angkutan Umum Dinilai Jadi Solusi

"Sehingga sebelum KTT Asean bisa dilakukan upaya upaya pengurangan polusinya dan mudah-mudahan juga penyediaan water mist itu juga bisa segera kita lakukan," jelasnya.

Pemprov DKI bekerja sama dengan BRIN untuk mengupayakan water mist atau penyemprotan air dari atas gedung tinggi. Namun, Asep mengatakan hal itu tidak wajib dilaksanakan bagi para pemilik gedung, hanya sebatas imbauan.

Baca juga: KTT ASEAN Segera Digelar, Dishub DKI Sosialisasikan Pembatasan Angkutan Barang

"Kita mengimbau, ini kan bagian dari peran serta masyarakat, usaha terhadap upaya pengurangan polusi udara di Jakarta, sehingga memang apapun upaya upaya yang akan dan sedang kita lakukan kami harapkan dapat dukungan sepenuhnya dari berbagai pihak yang ada di jakarta," pungkasnya.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mewajibkan agar pemilik dan pengelola gedung dapat menerapkan penyemprotan uap air (water mist) tersebut. Ia mengatakan saat ini tercatat sekitar 300 gedung yang bakal menerapkan water mist. (Far/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat