visitaaponce.com

Tahap Sosialisasi Selesai, Razia Uji Emisi Terus Dilakukan

Tahap Sosialisasi Selesai, Razia Uji Emisi Terus Dilakukan
Petugas menilang pengendara kendaraan tak lolos uji emisi di Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta(ANTARA FOTO/Reno Esnir)

WAKIL Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan mengatakan razia uji emisi akan terus dilakukan guna mengurangi polusi udara di Jakarta. Adapun saat razia uji emisi motor atau mobil yang tidak lulus uji emisi akan langsung dikenakan sanksi tilang denda.

"Kita lihat data dari pak Kepala Dinas LH, ini masih cukup rendah kesadaran masyarakat yang melakukan uji emisi dan kita belum liat lagi berapa yang lulus uji emisi," ujarnya kepada awak media di Gedung Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Jumat (1/8).

Ia mengatakan, razia uji emisi dilakukan karena masa sosialisasi terkait uji emisi sudah lama dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Tilang Uji Emisi Akan Berpindah-pindah, Ini Mekanisme Bayarnya

"Saya kira sudah cukup masa sosialisasi untuk bagaimana kendaraan yang beroperasi pelaksana di jalan itu sudah laik jalan. Oleh karena itu mereka merasakan dampaknya," jelasnya.

Ia berharap warga yang memiliki kendaraan bermotor tidak layak untuk tidak memaksakan menggunakan di jalan raya.

Baca juga: Hasil Uji Emisi Bodetabek Juga Berlaku di Ibu Kota

"Pada saat kendaraan tidak layak jalan dipaksakan tidak semestinya bisa beroperasional perawatannya tidak baik dan tidak rutin maka yang kita rasakan saat ini kita lihat (polusi) kita yang memburuk seperti ini," jelasnya.

Lebih lanjut, razia serentak hari ini dilakukan di 5 titik di 5 wilayah Jakarta. Jakarta Timur akan dilakukan di jalan perintis Kemerdekaan. Kemudian di Jalan RE Martadinata Jakarta Utara, di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Selain itu di Terminal Blok M Jakarta Selatan dan Jalan Asia Afrika di Jakarta Pusat.

"Iya memang hari ini serentak dilaksanakan di lima wilayah DKI untuk jam dan waktunya juga menyesuaikan kondisi," pungkasnya. (Far/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat