visitaaponce.com

Bilas Polusi Udara Jelang KTT ASEAN, Water Mist Dioperasikan di Sudirman-Thamrin

Bilas Polusi Udara Jelang KTT ASEAN, Water Mist Dioperasikan di Sudirman-Thamrin
Pemprov DKI Jakarta memulai pengoperasian water mist generator, untuk mengurangi pencemaran udara.(MI/Usman Iskandar)

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta memulai pilot project pengoperasian 'water mist generator' di Gedung Blok H Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (1/9), untuk mengurangi pencemaran udara.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas LH DKI Jakarta Erni Pelita Fitratunnisa menyampaikan, sudah ada 30 unit mesin penyemprot air dalam skala partikel kecil itu yang selesai diproduksi oleh perusahaan penyedia.

Namun, karena jumlahnya terbatas, Fitri, sapaan akrabnya, mengatakan mesin-mesin itu diprioritaskan dipasang di gedung-gedung Pemprov DKI Jakarta, BUMD, BUMN dan swasta yang ada di Jl Jenderal Sudirman hingga Jl MH Thamrin.

Baca juga: Pemkot Depok Instruksikan Seluruh KPD Bersinergi Atasi Polusi Udara

Mesin itu diharapkan dapat mengurangi polusi udara di kawasan tersebut jelang KTT ASEAN.

"Kami harap dimiliki oleh gedung Pemprov DKI yang berada di sekitar Sudirman Thamrin. Terutama fokus pada jalur lalu lintas yang difokuskan untuk KTT ASEAN," kata Fitri di Balai Kota, Jumat (1/9).

Baca juga: Tidak ada Solusi Instan Atasi Polusi Jakarta

Selain di Sudirman-Thamrin, mesin-mesin itu juga akan dipasang di gedung-gedung kantor wali kota di lima wilayah, gedung RSUD, dan gedung Pemprov DKI lainnya yang memiliki ketinggian lebih dari 20 meter. Mesin ini beroperasi 2x4 jam dengan jeda waktu antara 30 menit sampai 1 jam. Air yang dilakukan adalah hasil pengolahan air limbah.

"Efektifnya di ketinggian tersebut. Kalau kurang dari itu kurang efektif," ujarnya.

Sementara itu, Fitri menjelaskan, akan melakukan evaluasi terhadap efektivitas kinerja mesin ini terhadap penurunan pencemaran udara. Jika efektif, operasinya akan diteruskan sampai musim hujan tiba.

"Sebelumnya, BRIN pernah menguji coba mesin ini pada 27 Agustus di Gedung Pertamina dan itu efektif," tandasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat