visitaaponce.com

PB PMII Dorong Pemerintah Gratiskan Transportasi Publik untuk Atasi Polusi di Jakarta

PB PMII Dorong Pemerintah Gratiskan Transportasi Publik untuk Atasi Polusi di Jakarta
Sekretaris Jenderal PB PMII Muhammad Rafsanjani(MI/HO)

SEKRETARIS Jenderal PB PMII Muhammad Rafsanjani mendorong pemerintah agar menggratiskan transportasi publik untuk mengatasi masalah polusi udara di Jakarta. Menurut Rafsan, kebijakan itu untuk mengalihkan pengguna kendaraan pribadi ke kendaraan umum guna menekan emisi gas buang yang tinggi dari kendaraan pribadi.

“Hemat kami, kebijakan yang tepat adalah menggratiskan transportasi umum, terutama Commuter Line dan Transjakarta. Data menunjukan sektor penyumbang polusi terbesar adalah moda transportasi pribadi seperti mobil dan sepeda motor," ujar Rafsan.

Rafsan menambahkan, penggratisan transportasi umum ini dapat dilakukan melalui peningkatan anggaran public service obligation atau PSO pada APBN maupun APBD.

“Perlu kolaborasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah di Jabodetabek. Penambahan anggaran PSO untuk transportasi publik di APBN ditambah, begitu di APBD pemerintahan daerah Jakarta dan sekitarnya,” katanya.

Rafsan menambahkan, penambahan anggaran ini masuk akal mengingat kerugian yang diakibatkan tingginya penggunaan kendaraan pribadi sehingga terjadi polusi udara di Jakarta sangat besar.

“Menkes kan bilang, polusi udara ini berdampak pada penyakit saluran pernafasan yang membebani BPJS Rp10 triliun. Kalau masyarakat pindah ke transportasi publik, macet juga dapat ditekan. Kemenhub juga bilang akibat kemacetan itu tiap tahun rugi Rp65 triliun, loh. Jadi penggratisan public transport ini kami kira sangat tepat,” pungkasnya. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat