visitaaponce.com

Soal Polusi Udara, Foke Jangan Banding-bandingkan

Soal Polusi Udara, Foke: Jangan Banding-bandingkan
Gedung bertingkat terlihat samar karena polusi udara di Jakarta(MI/Susanto )

MANTAN Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meminta agar berbagai pihak berhenti membandingkan kualitas udara di era sekarang dengan pemimpin-pemimpin sebelumnya. Menurutnya, setiap era memiliki masalahnya masing-masing dengan cara penyelesaiannya.

Hal ini disampaikan Foke saat ditemui wartawan usai bertemu dengan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota hari ini.

Foke, sapaan akrabnya, menegaskan hal yang perlu dititikberatkan adalah mengupayakan berbagai langkah agar kualitas udara Jakarta bisa membaik demi keamanan, kenyamanan, dan kesehatan bersama.

Baca juga: Satgas Pencemaran Udara Periksa Dua Pabrik di Tangerang

"Saya rasa kurang relevan untuk membandingkan. Masyarakat Jakarta, pemerintah, dan gubernurnya memerlukan udara bersih di Jakarta. Itu yang perlu kita upayakan," tuturnya.

Sementara itu, ia menilai upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemprov DKI maupun pemerintah pusat untuk menangani polusi sudah cukup membuahkan hasil. Beberapa hari ini, Foke menilai langit Jakarta sudah biru kembali.

Baca juga: Jakarta Kembali Jadi Kota dengan Polusi Udara Tertinggi

Ia pun meminta agar seluruh pihak konsisten melakukan penanganan polusi udara. Sebelumnya, sejak awal Agustus lalu kualitas udara Ibukota selalu dalam status tidak sehat hingga berbahaya bagi warga kelompok rentan. Jakarta juga terus masuk dalam lima besar peringkat kota dengan kualitas udara terburuk di dunia berdasarkan situs 'Air Quality Index' (AQI).

Berbagai langkah dilakukan dari menerapkan tilang bagi kendaraan bermotor yang tidak lolos uji emisi, memberikan sanksi kepada industri yang memicu polusi udara, hingga memeriksa cerobong asap hasil pengolahan dari PLTU dan PLTD di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. (Put/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat