visitaaponce.com

Airmas Ikut Serta dalam Peningkatan Belanja Daerah Digital di Cirebon

Airmas Ikut Serta dalam Peningkatan Belanja Daerah Digital di Cirebon
Airmas ikut serta dalam percepatan pengadaan barang dan jasa secara digital(Ist)

PT Air Mas Perkasa sebagai penyedia produk IT di e-katalog, memberikan seminar edukasi dan update produk IT terbaru di Cirebon. Kegiatan ini adalah para PP (Pejabat Pengadaan) dan PPK (Pejabat Pembuat Keputusan) pengadaan barang dan jasa Pemerinta untuk saling berdiskusi.

“Pada kegiatan ini, saya ucapkan terima kasih pada Airmas karena telah memberikan ruang untuk kita berdiskusi dan pada acara hari ini juga dihadiri oleh Bapak Yulianto selaku Direktur Pasar Digital Pengadaan LKPP, beliau adalah orang yang membereskan dan merumuskan terkait pasar digital yang saat ini cenderung sudah hampir dilakukan setiap hari khususnya belanja online.“ ungkap Sekda Cirebon Agus Mulyadi, dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (22/9).

Baca juga: Pemprov Jambi Percepat Realisasi Pengadaan Barang dan Jasa Secara Digital

Perkembangan pasar digital yang semakin pesat saat ini, menjadi tantangan bagi pemerintah dalam menyesuaikan diri agar tidak tertinggal. Salah satu contohnya dengan mengalihkan sistem pengadaan barang dan jasa dari manual/tender ke digital yang dinamakan sistem ekatalog. 

“Ekatalog ini adalah metode paling praktis dalam melakukan pengadaan barang dan jasa sesuai ketentuan yang bisa langsung dilakukan oleh perangkat daerah,” kata dia.

Baca juga: BI Catat Transaksi Ekonomi dan Keuangan Digital Meningkat Cukup Kuat

Tak hanya itu dalam kegiatan ini juga membahas peraturan terkait diterbitkanya peraturan terhadap penggunaan produk dalam negeri (P3DN) dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah, dimana produk tersebut yang sedang digalangkan pemerintah dan mewujudkan instruksi Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 25 tahun 2020 tentang Lokmat reformasi birokrasi tahun 2020-2024.

Direktur Pasar Digital Pengadaan Yulianto Prihhandoyo mengatakan, pemerintah terus meningkatkan dan lebih mengoptimalkan untuk penggunaan produk dalam negeri. Terutama yang dilakukan pada instansi, lembaga, Kementrian dan Pemerintah Daerah baik bersumber dari APBN atau APBD. Upaya strategis ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi nasional dan menudukung daya saing produk dalam negeri 

“Saya berterima kasih kepada Airmas, karena acara seperti ini pastinya berkontribusi dan berdampak kepada perbaikan belanja pemerintah daerah, termasuk mendukung proses belanja purchasing katalog elektronik,” kata dia.

Acara ini dihadiri 208 peserta dari seluruh instansi pengadaan barang dan jasa yang berada di kota dan kabupaten Cirebon. Airmas berharap dengan adanya sosialisasi ini, para PP dan PPK menjadi tau perkembangan produk – produk IT untuk kebutuhan daerahnya secara maksimal. Adapun produk yang dipresentasikan dalam acara ini adalah, Server, PC Notebook, Printer, UPS, Software, Scanner dan Audio visual (Interaktif tv panel) dan perkakas. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat