visitaaponce.com

KPK Uang Korupsi Pengadaan APD Kemenkes Dinikmati Banyak Orang

KPK: Uang Korupsi Pengadaan APD Kemenkes Dinikmati Banyak Orang
Ilustrasi(MI)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut uang hasil korupsi pengadaan alat perlindungan diri (APD) di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dinikmati banyak pihak. Informasi itu didalami dengan memeriksa tiga saksi pada Selasa, 9 Januari 2024.

“Dikonfirmasi pengetahuannya antara lain mengenai dugaan adanya aliran uang dari pengadaan APD di Kemenkes RI pada berbagai pihak terkait termasuk pada pihak yang ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara ini,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu, 10 Januari 2024.

Tiga saksi itu yakni mantan PPK Puskris Kesehatan Kemenkes Budy Silvana, Kepala Biro Keuangan BNPB Tavip Joko, dan Advokat Admiral Herdi Pratama. Ali enggan memerinci jawaban mereka ke penyidik demi menjaga kerahasiaan proses penyidikan.

Baca juga : Budi Sylvana Diminta Jelaskan Aliran Duit Korupsi APD Covid-19

Dugaan korupsi pengadaan APD untuk covid-19 di Kemenkes ini terjadi pada tahun anggaran 2020-2022. Nilai proyek mencapai Rp3,03 triliun.

Kasus ini berkaitan dengan penyalahgunaan kewenangan. KPK memastikan ada kerugian negara senilai ratusan miliar rupiah yang timbul.

KPK sudah menetapkan tersangka yang terlibat dalam perkara ini. Identitas mereka baru dipaparkan ke publik saat penahanan dilakukan. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat