visitaaponce.com

Bukan Septic Tank, Ledakan di Setiabudi Diduga dari Bom yang Dikubur

Bukan Septic Tank, Ledakan di Setiabudi Diduga dari Bom yang Dikubur
Lokasi ledakan di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan.(MGN)

LEDAKAN terjadi di sebuah rumah kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan pada Rabu, 18 Oktober 2023. Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan menyebut ledakan diduga berasal dari objek berupa bom yang dikubur dalam tanah di lokasi kejadian.

"Dugaan sementara bom yang dikubur," kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Selatan Syamsul Huda, dalam keterangan tertulis, Kamis, 19 Oktober 2023.

Syamsul belum membeberkan detail bom tersebut. Menurut dia, ledakan terjadi saat seorang pekerja sedang mengali tanah untuk pondasi.

"Lalu mengenai suatu benda yang dikubur di dalam tanah, terjadi ledakan. Ledakan terdengar sampai kantor kelurahan," ujar Syamsul.

Baca juga: Tim Gegana Periksa Lokasi Ledakan Septic Tank di Setiabudi

Pihak Gulkarmat Jakarta Selesai Terima informasi insiden ini pukul 13.45 WIB, Rabu, 18 Oktober 2023. Lokasinya berada di Jalan Perahu 02, RT 07/ RW 02, Kelurahan Guntur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Insiden itu menimbulkan korban jiwa.

"Satu orang meninggal (identitas belum diketahui)," ungkap Syamsul.

Baca juga: 1 Orang Meninggal Akibat Ledakan Septic Tank di Wilayah Setiabudi

Sebelumnya, ledakan disebut bersumber dari septic tank atau tangki kakus. Petugas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan Bagus Febrianto menjelaskan tangki kakus yang meledak ada di sekitaran Masjid Tangkuban Perahu, Setiabudi, Jakarta Selatan. Dia belum bisa memerinci informasi lebih lanjut.

"Iya tadi informasi ledakan dari septic tank. Tapi awalnya informasi ada kebakaran ledakan tabung gas. Tapi pas nyampe ledakan septic tank," ujar dia, Rabu, 18 Oktober 2023.

Namun, Tim Gegana ikut mendatangi lokasi dan memasang garis larangan melintas di lokasi. Tidak sembarangan pihak bisa masuk. Total, ada tiga orang menjadi korban, satu di antaranya meninggal dunia.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat