visitaaponce.com

Kebakaran TPA Rawa Kucing Memasuki Hari ke-4

 Kebakaran TPA Rawa Kucing Memasuki Hari ke-4
Upaya pemadaman kebakarang TPA Rawa Kucing, Tangerang(Antara)

MEMASUKI hari keempat kebakaran tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Rawa Kucing di Jalan Iskandar Muda, Kelurahan Kedaung Wetan, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Banten, belum kunjung padam.

Akibatnya Pemda Kota (Pemkot) Tangerang menaikkan status kebakaran tersebut menjadi bencana darurat. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang," Maryono saat dikonfirmasi Media Indonesia, Senin (23/10)

Menurutnya, dengan ditetapkannya menjadi bencana darurat, Pemkot Tangerang mendapat bantuan personel dari Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta bantuan helikopter water bombing dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga: KLHK Turunkan Manggala Agni Bantu Padamkan Kebakaran TPA Rawa Kucing

“kami mendapat bantuan itu dari pusat, karena status kebakaran tersebut kami jadikan sebagai bencana darurat," katanya, sehingga, tambah dia peristiwa itu sudah menjadi perhatian nasional.

Namun demikian, lanjut dia, meski sudah dilakukan penyiraman bolak balik dari helikopter yang sekali menyiram mencapai 800- 900 liter air di atas kobaran api yang telah melalap 80% dari 35 kektar lebih area TPA Rawa Kucing belum padam.

Baca juga: Kebakaran TPA Rawa Kucing Kota Tangerang Semakin Membesar

Itu terlihat, sambungnya, dari sejumlah titik gunungan sampah yang mengeluarkan kepulan asap.

"Secara kasat mata api memang sudah tidak tampak, namun asap masih terihat mengepul," ujar dia.

Khususnya di pintu 3 TPA Rawa Kucing. Asap tebal masih membubung tinggi di lokasi tersebut, karena hembusan angin yang cukup kencang.

Kendati demikian kata dia, situasi kebakaran di hari ke empat ini berangsung kondusif. Ratusan personel pemadam kebakaran mulai dapat beranjak memadamkan api di atas gunung sampah TPA Rawa Kucing.

"Kalau melihat situasi hari ini Alhamdulillah sudah mulai kondusif, tinggal kepulan asap yang masih muncul di area di pintu 3," tandasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat