visitaaponce.com

2 Pohon Besar di Depok Tumbang Timpa Rumah Warga

2 Pohon Besar di Depok Tumbang Timpa Rumah Warga
Pohon tumbang timpa rumah warga di Kota Depok.(MI)

DUA pohon tumbang akibat angin kencang di wilayah Kota Depok, Jawa Barat (Jabar), Kamis, (2/11). Pohon tumbang menimpa rumah warga, kabel listrik, kabel jaringan internet, dan warung.

Berdasarkan data Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok terdapat dua pohon besar tumbang di Jalan Al-Zihad RT 002 RW 02 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong.

"Dua titik pohon tumbang berdampak pada kabel hingga atap rumah warga, kabel listrik, kabel wifi, dan warung, " kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Deni Romulo Hutauruk, Kamis (2/11).

Kejadian angin kencang itu tidak seperti biasanya yang disertai hujan.

Baca juga: Lahan Kosong di Depok Terbakar

"Biasanya rumah rusak dan lain sebagainya sebab akibatnya karena angin kencang yang disertai hujan deras dan petir, " ujar Deni.

Pohon tumbang menimpa bagian atap rumah milik Eva dan milik Saiman. Rumah warga tersebut selanjutnya, mengalami rusak sedang dan berat. Warga kemudian melaporkan kejadian itu kepada bidang penanggulangan bencana untuk mengevakuasi pohon tumbang.

Petugas kemudian datang ke lokasi untuk melakukan asesmen kebencanaan. Saat ini pohon tumbang sudah berhasil dievakuasi.

“Pohon tumbang telah dilakukan penanganan,” ucap Deni.

Baca juga: Rumah Permanen di Depok Ludes Dilalap Api Saat Pemilik tidak di Rumah

Deni mengingatkan warga Kota Depok untuk waspada dengan kejadian serupa. Mengingat cuaca masih terbilang ekstrem dan sedang masa peralihan dari kemarau menuju musim hujan.

Warga Resah dengan Pohon Besar

Sementara itu, Rukmanto, warga Kelurahan Kalibaru mengaku sebelumnya sudah meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok untuk menebang pohon di pinggir jalan di kawasannya karena membahayakan.

"Kami sudah bersurat tapi tak ditanggapi,” ujar Rukmanto.

Rukmanto menyampaikan warga sangat resah dan khawatir banyak pohon-pohon besar sudah rapuh di kawasannya. Dia berharap DLHK memotongnya.

"Warga berharap ada tindakan untuk keamanan masyarakat," katanya.

Dikatakan Rukmanto masyarakat mau memotong pohon tersebut tetapi tidak berani karena belum ada izin dari pihak terkait. Hingga berita ini diterbitkan belum ada penjelasan pihak DLHK Kota Depok.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat