visitaaponce.com

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Depok Dilanda Banjir dan Pohon Tumbang

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Depok Dilanda Banjir dan Pohon Tumbang
Pohon tumbang di kawasan Tanah Baru, Pancoran Mas, Depok, Kamis, 4 April 2024.jpeg(Dok. MI)

KOTA Depok, Jawa Barat (Jabar) diterpa hujan deras dengan disertai angin kencang. Hujan deras dan angin kencang yang terjadi pada Kamis (4/4) siang hingga sore tersebut merobohkan sebuah pohon besar di kawasan Kecamatan Pancoran Mas. Selain itu, beberapa daerah juga terpantau mengalami banjir.

Pohon yang tumbang tepatnya berada di Jalan Raya Tanah Baru 1 Kampung Jemblongan, RT 005 RW 12 Pancoran Mas pada Kamis (4/4) pukul 13.00 WIB. Akibat dari pohon tumbang tersebut, akses Jalan Raya Tanah Baru tertutup dan tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan empat.

Pantauan Media Indonesia di lokasi, pohon tumbang berjenis Akasia tersebut letaknya berada di antara Jalan Raya Tanah Baru dengan Kali Tanah Baru. Namun saat tumbang, posisi pohon menimpa jalan raya dan sebagian rantingnya menyangkut di saluran kabel listrik.

Baca juga : Tanggul Kali Laya Jebol, Banjir di Perumahan Bukit Cengkeh Depok Mencapai 70 Cm

Pegawai Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok dan PLN langsung ke lokasi. Hingga pukul 14.23 WIB masih melakukan upaya evakuasi dan perbaikan kabel listrik yang tertimpa pohon besar itu.

Menurut keterangan warga, Engkong Namir, 73, pohon tersebut tumbang pukul 13.00 WIB saat terjadi hujan yang disertai angin kencang.

“Kejadiannya sekitar jam 13.00 WIB, hujannya deras dan berangin,” kata Namir.

Baca juga : Tanggul Kali Angke Bojongsari Depok Roboh usai Diguyur Hujan

Namir menambahkan, akar pohon tersebut sebenarnya kokoh tetapi karena anginnya kecang yang diperparah hujan deras, akar pohon tersebut jadi tumbang.

" Tidak ada orang berkendara tertimpa pohon, karena saat pohon tumbang situasi jalan raya sepi akibat hujan deras itu," ucapnya.

Akibat hujan deras yang disertai angin kencang, perumahan bukit cengkeh 2 juga kembali dilanda banjir.

Baca juga : Puluhan Rumah di Sawangan Depok Kebanjiran Imbas Hujan dan Luapan Sungai Pesanggrahan

Sementara itu Kepala Seksi Pembangunan dan Rehabilitasi Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) Kota Depok, Bahtiar Ardiansyah, mengatakan banjir yang menerjang kawasan Perumahan Bukit Cengkeh 2 disebabkan tingginya curah hujan yang menyebabkan aliran Kali Laya meluber.

"Penyebabnya bukan karena tanggul jebol tapi karena curah hujannya yang tinggi," katanya, Kamis (4/4).

Menurut Bahtiar, tim sapu air sudah dikerahkan ke lokasi untuk membantu warga yang rumahnya kebanjiran.

"Saat ini tim sapu banjir sedang di lokasi," ungkapnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat