visitaaponce.com

Puluhan Rumah di Sawangan Depok Kebanjiran Imbas Hujan dan Luapan Sungai Pesanggrahan

Puluhan Rumah di Sawangan Depok Kebanjiran Imbas Hujan dan Luapan Sungai Pesanggrahan
Ilustrasi banjir di Kota Depok.(Dok. Antara/Asprilla)

PULUHAN rumah di Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) kebanjiran imbas hujan deras Senin (25/3) dini hari dan meluapnya Sungai Pesanggrahan. Banjir terparah melanda Perumahan Griya Alif, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan.

Di wilayah tersebut, ketinggian banjir mencapai lebih dari 1 meter. Banjir di Kecamatan Sawangan, tersebut terjadi akibat luapan Sungai Pesanggrahan.

Salah satu warga Kelurahan Pasir Putih, Marham, mengatakan hujan yang mengguyur Kota Depok sejak Senin dini hari menyebabkan Sungai Pesanggrahan meluap hingga airnya merendam puluhan rumah.

Baca juga : Sudah 10 Jam Lima Titik Banjir di Depok Belum Juga Surut

“Dini hari tadi ketinggian air sekitar satu meter lebih. Memang di sini kalau hujan besar dari malam, pasti paginya banjir," ujar Marham, Senin, (25/3).

Menurut Marham warga tidak ada yang mengungsi karena saat ini air sudah mulai surut.

"Warga hanya memindahkan perabot rumah dan kendaraan ke tempat lebih tinggi agar tak terendam air," kata dia.

Baca juga : Jalan Sawangan Depok Tergenang Air hingga 50 Cm, Banyak Motor Jadi Korban

Marham mengatakan, banyak sampah yang menutup badan sungai hingga mengakibatkan air meluap ke jalan dan rumah-rumah warga. Sampah-sampah yang menimbun sungai berasal dari gunungan sampah tempat pembuangan akhir (TPA) Cipayung.

Gunungan sampah TPA Cipayung mengalami longsor setelah hujan deras mengguyur. Kemudian longsoran sampah menimbun badan Sungai Pesanggrahan. Arus sungai Pesanggrahan kemudian membawa sampah hingga ke Jembatan Jago belakang belakang kawasan wisata D'kandang, Kelurahan Pasir Putih, Sawangan.

Sampah yang terbawa arus sungai terhenti di bawah jembatan Jago.

Baca juga : Musim Pancaroba, Bogor Mulai Dilanda Banjir dan Telan Korban

“Saat itulah air hujan membanjiri puluhan rumah Perumahan Griya Alif, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan hingga ketinggian airnya satu meter lebih," ujarnya.

Kepala Seksi Pembangunan dan Rehabilitasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) Kota Depok, Bahtiar Ardiansyah, mengatakan banjir yang merendam puluhan rumah di Perumahan Griya Alif, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan dipicu intensitas hujan deras.

“Air sudah surut. Penyebab banjir karena hujan lokal dan luapan air setelah tembok pembatas sungai jebol akibat luapan Sungai Pesanggrahan semalam," kata dia.

Baca juga : Hujan Guyur Depok, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Bahtiar menyebutkan Sungai Pesanggrahan mengalami kenaikan muka air akibat timbunan sampah. Sampah tersebut, lanjut dia, menumpuk hingga membuat sungai menjadi dangkal.

“Sampah itu (masalahnya). Kebanyakan sampah di situ (Kali Pesanggrahan). Karena kebanyakan sampah, jadi dangkal sungainya. Dulu semeter lebih (kedalaman Kali Pesanggrahan), sekarang udah nggak sampai lebih dari kaki kita. Jadinya ya sekarang, kalau ada kirimin air dari arah Bogor, kena banjir," terangnya.

Menurutnya, sampah tersebut merupakan kiriman dari tempat pembuangan akhir (TPA) setempat yang sudah berlebih. Bahtiar mengatakan sampah di TPA tersebut yang tidak terurus akhirnya masuk ke aliran sungai.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat