visitaaponce.com

Kali Enggram di Sawangan Depok Amblas, 5 Rumah dan Pabrik Tahu Susu Terendam

Kali Enggram di Sawangan Depok Amblas, 5 Rumah dan Pabrik Tahu Susu Terendam
Penanganan jalan amblas di Jalan Enggram Raya RT 06 RW 05 Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Depok.(Dok. depok.go.id)

LIMA rumah penduduk dan satu pabrik pengolahan tahu susu di Jalan Enggram RT 006 RW 05 Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) terendam banjir. Banjir yang merendam rumah-rumah dan pabrik tahu susu merupakan ekor robohnya bangunan Kali Enggram yang mentransfer air kiriman dari hulu ke hilir Kali Cabang Tengah, Kota Depok.

Berdasarkan keterangan dihimpun di lokasi, banjir dan robohnya Kali Enggram karena diakibatkan timbunan sampah kiriman dari tempat pembuangan akhir atau TPA Cipayung. Sampah TPA longsor ke Kali Pesanggrahan dan mentransfer Kali Enggram hingga roboh pada Jumat (30/4) sore.

Diketahui saat ini kondisi TPA Cipayung sudah kian parah. Tinggi sampah di TPA tersebut saat ini 30 meter lebih. Jumat kemarin sampah TPA longsor ke Kali Pesanggrahan. Sampah-sampahnya terbawa arus ke Kali Enggram Kelurahan Sawangan Baru RT 006 RW 05.

Baca juga : Tanggul Kali Angke Bojongsari Depok Roboh usai Diguyur Hujan

Sementara aliran Kali Enggram sendiri tak bergerak akibat tertimbun ribuan ton sampah. "Hal itulah yang membuat air meluap hingga membanjiri jalan-jalan dan permukiman penduduk," kata Ashar, penduduk setempat.

Menurut Ashar, terdapat puluhan rumah terdampak banjir. Namun dantaranya ada lima rumah dan satu pabrik yang terkepung banjir hingga terpaksa mengungsi ke tempat lain.

"Lima penghuni rumah dan satu pabrik yang produksi tahu susu ngungsi disebabkan banjir yang tak kunjung surut di Jalan Enggram RT 006 RW 05 Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan," ungkap Ashar.

Baca juga : Sungai Pesanggrahan Depok yang Tertimbun Ribuan Ton Sampah Belum Dibersihkan

Banjir yang terjadi tak hanya di wilayah Kelurahan Sawangan Baru. Tapi banjir juga melanda wilayah Kampung Bulak Barat, Kelurahan Cipayung dan Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan. Banjir di dua lokasi ini membuat satu ruas jalan tergenang banjir.

Banjir di sana juga membuat jalan penghubung Kampung Bulak Barat Cipayung dengan Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan tidak bisa dilalui kendaraan baik roda empat dan roda dua.

Menurut keterangan warga, Abra, banjir telah memutus akses Jalan Kampung Bulak Barat. Akibat banjir ini, terpaksa warga yang hendak melintasi akses jalan tersebut harus memutar dengan jarak yang lebih jauh.

Baca juga : Puluhan Rumah di Sawangan Depok Kebanjiran Imbas Hujan dan Luapan Sungai Pesanggrahan

Abra mengatakan banjir disebabkan oleh luapan Kali Pesanggrahan yang tersumbat sampah longsoran dari TPA Cipayung.

“Tahun kemarin enggak juga, biasanya kan kalau banjir langsung dibersihkan sampahnya. Kalau sekarang ini, ya masih begini," tukasnya

Ditambahkan longsornya sampah di TPA Cipayung yang menutupi aliran Kali Pesanggrahan berdampak pada terisolirnya jalan dan beberapa rumah warga di Kampung Bulak Barat RT 04 RW 08 Kelurahan Cipayung, Kota Depok. "Longsor sering kejadian akibat TPA Cipayung kelebihan beban," paparnya.

Baca juga : Jalan Sawangan Depok Tergenang Air hingga 50 Cm, Banyak Motor Jadi Korban

Kepala Seksi Pembangunan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) Kota Depok Bahtiar Ardiansyah mengungkapkan hingga hari ini satgas masih berjuang melakukan perbaikan kali jebol.

"Untuk memperbaiki bangunan kali kita mengerahkan alat berat berupa spider mini untuk mengangkat material puing," katanya.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat