visitaaponce.com

Hujan Guyur Depok, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Hujan Guyur Depok, Ratusan Rumah Terendam Banjir
Ratusan rumah di Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat terendam banjir.(MI/Kisar Rajaguguk)

RATUSAN rumah di Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat terendam banjir. Banjir dengan intensitas tinggi terjadi menyusul hujan deras dan angin kencang yang mengguyur sejak petang hingga malam. Selain curah hujan, saluran air yang tidak berfungsi dan banyak sampah juga menjadi sumber banjir disana.

Salah seorang warga terdampak, Muhammad Bisri mengungkapkan banjir di Kecamatan Cipayung dipicu intensitas curah hujan yang sangat tinggi sejak 15.00 WIB.

Di Kecamatan Cipayung kata dia, daerah paling terparah dilanda banjir, yakni Perumahan Rangkapan Jaya Baru (RJB). Sedangkan kawasan permukiman warga paling parah dilanda banjir yakni Kedaung, Sawangan, Kota Depok.

Baca juga: 

Kawasan yang terendam banjir di RJB terdapat di beberapa blok yang dihuni sekitar 300 kepala keluarga (KK) atau 1.400 jiwa dengan tinggi air antara 70-90 centimeter.

" Warga yang terkena banjir di RJB segera mengemasi harta benda ke tempat yang lebih tinggi karena air banjir terus meninggi hingga malam ini, " katanya, Minggu (25/6).

Baca juga: 

Bisri mengungkapkan Pemerintah Kota Depok tidak ada satu pun meninjau lokasi dan mendata rumah-rumah warga yang terendam banjir.

"Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok tidak tampak di lokasi. Begitu pun petugas Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) Kota Depok," ucapnya.

Dinas PUPR, kata dia sedianya kelokasi- lah karena kali yang banyak sampahnya telah membanjiri pemukiman masyarakat dan jalan-jalan. " Saya jadi heran pemerintah tak satupun terlihat memantau banjir, " ucapnya.

Dia mengaku, sepeda motornya terjatuh ke bawah air dan terbawa arus. " Mesin motor saya mati dan nyungsep lagi ke dalam air, " paparnya. Ia tak mengetahui apakah ada korban jiwa maupun masyarakat yang mengungsi akibat kejadian tersebut.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Welman Naipospos dikonfirmasi malam ini mengaku tak ada laporan tentang banjir dari anak buahnya.

"Tidak ada informasi di grup kami ada banjir, warga juga tidak melaporkan tentang kondisi banjir yang masuk ke rumah warga, " katanya.

Namun, Welman menghimbau masyarakat untuk menjaga kali dan selokan tetap bersih agar mampu menampung debit air tinggi ketika musim hujan. (KG/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat