visitaaponce.com

Lahan Kosong di Depok Terbakar

Lahan Kosong di Depok Terbakar
Kebakaran melanda lahan kosong di Depok yang digunakan warga untuk pembuangan sampah. (MI/Kisar)

LAHAN kosong seluas 700 meter persegi di Perumahan Griya Melati Residence Jalan H Nilin, Kelurahan Jatimulia, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) terbakar. Kebakaran itu mengakibatkan belasan ekor berbagai jenis ular ikut hangus terpanggang.

“Yang paling besar itu ada satu ukuran panjang 3 meter, berat ada 4 kilogram. Ular kobra anak-anaknya ada 10,” terang Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok Deni Romulo Hutauruk kepada Media Indonesia, Rabu (1/11).

Lahan kosong itu, kata Deni milik warga setempat milik Indra. Karena tidak dikelola, warga menjadikan lahan itu sebagai tempat pembuangan sampah. "Kejadian ini terjadi dini hari dan baru kali pertama kebakaran lahan terjadi," katanya.

Baca juga: Rumah Permanen di Depok Ludes Dilalap Api Saat Pemilik tidak di Rumah

Deni mengatakan kebakaran ini bermula dari salah satu warga membakar sampah yang berserakan. Mulanya, ada api berukuran kecil yang muncul di tumpukan sampah sekitar pukul 01.00 WIB. "Awalnya kecil dulu, terus tiba-tiba jadi besar, karena sampah itu dalam keadaan kering semua," ujar dia.

Api yang tak kunjung padam itu selanjutnya kian membesar. Deni mengatakan, pukul 02.00 WIB, api bahkan membakar gunung-gunung sampah di lahan tersebut. "Di jam 02.00 WIB, itu kayak lautan api, semua sudah nyala. Apinya udah meliputi semua yang ada di sampah ini. Namun api terus membesar tidak ada ledakan ketika kebakaran terjadi, " ucapnya.

Baca juga: Lalu Lintas Jalan Margonda-Sawangan Lumpuh Pengendara Terjebak Macet Berjam-Jam

Untuk memadamkan api, kata Deni, pihaknya mengerahkan tiga unit armada pemadam dengan total personil 14 orang.

Warga lain, Miun mengatakan ada api kecil yang muncul. Perlahan api itu membesar dan menjalar hingga membakar gunung sampah. "Sudah seluruhnya (sampah terbakar). Jadi, menjalar apinya. Dari sana (api) sudah mengepung sampah, pokoknya ikutin embusan angin. Ini di belakangan dulu habis," jelas Miun.

Miun menambahkan ada belasan ekor ular ikut terbakar. "Saya melihat ular kobra dan 10 anak nya mati terpanggang, " ucapnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat