visitaaponce.com

Eks Pabrik PT Tranka Kabel di Depok Terbakar, Api Berkobar Setinggi 50 Meter

Eks Pabrik PT Tranka Kabel di Depok Terbakar, Api Berkobar Setinggi 50 Meter
EKS pabrik PT Tranka Kabel di Kota Depok yang mengalami kebakaran, Jumat, 10 November 2023.(Damkar Kota Depok)

EKS pabrik PT Tranka Kabel yang memiliki lahan seluas 14,5 hektar persegi di Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) habis dilumat si jago merah, Jumat, (10/11). Kebakaran diduga akibat pembakaran sampah.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Pengendalian (DPKP) Kota Depok Deni Romulo Hutauruk mengatakan bahwa objek yang terbakar merupakan bangunan-bangunan dan mesin-mesin pabrik yang memproduksi kabel seluas 14,5 hektare persegi.

"Ada puluhan mesin di dalam pabrik meledak. Api juga berkobar setinggi 50 meter," kata Deni Romulo kepada Media Indonesia, Jumat (10/11).

Baca juga: 75% Tempat Pembuangan Sampah di Kupang Ludes Terbakar

Kebakaran yang melanda pabrik tersebut terjadi di Jalan Raya Bogor, Kilometer 29, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis. Lokasi kebakaran tersebut berada persis di pinggir Jalan Raya Bogor dan berada ditengah-tengah pemukiman padat penduduk. Di lokasi pabrik banyak gunungan sampah dan berserakan sejak tak beroperasi.

"Pelaku pembakaran diduga dilakukan satpam setempat. Api sampah menjalar hingga menyebar ke seluruh bangunan-bangunan pabrik, gudang, dan mesin," ujar Deni di lokasi.

Baca juga: Kebakaran Melanda Toko Bangunan di Jakarta Selatan, 3 Orang Terluka

Saat disinggung soal kerugian material, Deni mengatakan bahwa kerugian ditaksir sekitar Rp1 miliar lebih. Sejak pabrik bangkrut belasan tahun lalu, katanya pabrik tersebut hanya dijaga beberapa satpam.

"Selama itu pula, pabrik tersebut menjadi tempat pembuangan sampah,” ungkapnya.

Kasie Penyelamatan DPKP Kota Depok, Tessy Haryati menambahkan pihaknya menerima informasi tersebut pada Jumat, (10/11) sekitar pukul 07.30 WIB. Tessy menerangkan pihaknya menurunkan tujuh mobil pemadam untuk memadamkan api.

“Iya, kami menerima informasi ada kebakaran sekitar pukul 07.30 WIB,” ucapnya di lokasi.

Namun, memang PT tersebut diketahui sudah tutup sejak belasan tahun silam, dan masih menyisakan alat-alat produksi di dalamnya. “PT Tranka Kabel sudah tutup sekitar 11 sampai 12 tahun yang lalu,” terangnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat