visitaaponce.com

Kendati Dibangun Sodetan Kali Ciliwung, Jakarta Belum Bebas dari Banjir

 Kendati Dibangun Sodetan Kali Ciliwung, Jakarta Belum Bebas dari Banjir
Inlet sodetan dari Sungai Ciliwung berada di Kelurahan Bidara Cina menuju arriving shaft di Jalan Otista III.( MI/RAMDANI)

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan, dibangunnya fasilitas Sodetan Kali Ciliwung tidak membuat Jakarta sepenuhnya terbebas dari banjir. Sodetan Ciliwung hanya berfungsi mengurangi tinggi muka air dan durasi banjir.

"Fungsi sodetan itu untuk mengurangi tinggi genangan dan lama durasi waktu banjirnya," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Ika Agustin Ningrum,

kepada wartawan di Kebon Baru, Jakarta Selatan Jumat (10/11).

Menurut Ika, banjir tetap mungkin terjadi di sejumlah wilayah DKI Jakarta, terutama area yang berada di kawasan sungai.

Baca juga: DPRD Sebut Heru Budi Tidak Siap Hadapi Banjir Jakarta

Atas dasar itulah, ujar Ika, Pemprov DKI Jakarta juga melakukan berbagai upaya lain untuk menanggulangi banjir. Salah satunya dengan melakukan pengerukan sungai agar bisa maksimal mengalirkan air.

"Jadi jangan disalahartikan ya kalau Sodetan Ciliwung, gara-gara pembangunan sodetan, Jakarta bebas banjir. Enggak gitu. Sodetan tuh hanya untuk mengurangi ketinggian air Kali Ciliwung aja," kata Ika.

Menurut Ika, pihaknya memprediksi daerah genangan itu masih tetap ada, terutama daerah bantaran kali. Jadi jangan ekspektasinya dengan Sodetan Ciliwung itu lalu Jakarta bebas banjir, enggak," ungkapnya.

Baca juga: Sodetan Bukan Solusi Satu-satunya Atasi Banjir Jakarta

Diberitakan sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, juga menyebutkan, Jakarta tidak bisa terhindar dari bencana banjir. Salah satu faktornya karena permukaan tanah di wilayah DKI Jakarta terus-menerus turun.

"Jakarta tidak bisa terhindar dari banjir, karena penurunan muka tanah (permukaan) tanah terus turun. Coba buka di data, terus turun. Makanya di daerah tertentu kami bikin fasilitas pompa air," ujar Heru Budi, di Kebon Baru, Jakarta Selatan, Jumat (10/11).

Meski begitu, kata Heru, Pemprov DKI tetap melakukan upaya penanggulangan banjir. Salah satunya dengan mengeruk lumpur di kali dan sungai. Salah satunya dilakukan di aliran Kali Ciliwung yang melintasi kawasan Kelurahan Kebon Baru, Jakarta Selatan, dan Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur.

"Ya mudah-mudahan berkurang, walaupun ada beberapa lokasi yang rawan banjir. Mudah-mudahan genangannya cepat surut," kata Heru. (Ssr/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat