visitaaponce.com

Pemukiman Bidara Cina Terendam Banjir Setinggi 1 Meter

Pemukiman Bidara Cina Terendam Banjir Setinggi 1 Meter
Perumahan warga kawasan Bidara Cina terendam banjir setinggi 1 meter akibat meluapnya air sungai Ciliwung.(Metro/Sumantri)

RATUSAN rumah warga di pemukiman Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur terendam banjir sejak Kamis (30/11) pagi, akibat meluapnya aliran air Sungai Ciliwung. Ketinggian air mencapai 1 meter, meski begitu belum semua warga mengungsi. Sebagian warga masih bertahan di lantai dua rumah mereka. 

Warga pun terpaksa harus menerobos tingginya banjir untuk dapat keluar masuk pemukiman mereka. Mereka berharap banjir dapat segera surut.

Menurut Aris, warga setempat, air mulai masuk ke pemukiman sejak pukul 05.30 WIB. Dalam waktu kurang dari 1 jam ketinggian air sudah mencapai 1 meter. 

Baca juga: Kali Ciliwung Meluap, Permukiman Kebon Pala Kembali Banjir

Menurut warga, air mulai masuk kepemukiman sejak pukul 6 pagi tadi, hanya dalam waktu kurang dari 1 jam, ketinggian air sudah mencapai 1 meter.

"Tadi air masuk sekitar setengah enam, cukup cepat naiknya. Yang dipinggiran tingginya sekitar 1 meter," ujar Aris. 

Baca juga: Jakarta Hujan Deras Semalaman, Kali Pesanggrahan Siaga 3

Meluapnya air Ciliwung akibat debit air di bendungan Katulampa yang berada di Bogor, Jawa Barat, sudah berstatus siaga 3. Kondisi itu diperparah dengan hujan deras yang terjadi di kawasan sana. 

Aris mengaku warga sudah mendapatkan peringatan banjir sejak Rabu (29/11) sore. "Dari (kemarin) sore sudah ada pemberitahuan akan banjir, cuma datangnya tidak langsung jeda 5-8 jam," celetuknya.

Warga berharap agar pintu air Sodetan segera di buka, agar air yang merendam rumah warga cepat surut. Pemukiman Bidara Cina  merupakan wilayah langganan banjir saat memasuki musim penghujan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat