visitaaponce.com

Cacar Monyet di Jakarta Capai 34 Kasus, 17 Masih Diisolasi

Cacar Monyet di Jakarta Capai 34 Kasus, 17 Masih Diisolasi
Ilustrasi pasien cacar monyet (Mpox).(Freepik)

KASUS cacar monyet (Mpox) di Jakarta masih terus mendapatkan pantauan dari Pemprov DKI Jakarta. Total ada 34 kasus cacar monyet yang sudah ditemukan di mana satu kasus di antaranya adalah yang ditemukan tahun lalu dan sudah sembuh.

Sementara itu, untuk tahun ini total ada 33 kasus yang ditemukan berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta per 13 November 2023 pukul 19.00 WIB.

"Masih ada 17 pasien yang diisolasi," kata Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama dalam keterangan resmi, Selasa (14/11).

Baca juga: Aktivitas Seks Beresiko Tingkatkan Potensi Penularan Cacar Monyet

Sementara itu, sudah ada 16 pasien cacar monyet di DKI Jakarta yang selesai menjalani isolasi di RS. Ngabila menambahkan, seluruh kasus ditularkan melalui kontak seksual. Seluruh pasien bergejala ringan dan semuanya adalah laki-laki berusia 25-50 tahun.

Terdapat 115 orang yang telah menjalani tes PCR dengan hasil negatif cacar monyet. Kemudian, ada tiga orang berstatus suspek yang memiliki gejala. Kemudian ada 495 orang yang mendapat vaksinasi cacar monyet. Terdapat sembilan orang kontak erat yang tidak bergejala.

Baca juga: Dua Pasien Cacar Monyet di Jawa Barat sudah Sembuh

"Pendekatan Mpox sebagai infeksi menular seksual (IMS) dan kolaborasi dengan program HIV harus dikencangkan seperti kolaborasi TB-HIV-DM. Semua pasien Mpox wajib dilanjutkan pemeriksaan HIV dan IMS lainnya. Semua pasien HIV dan IMS diskrining aktif gejala Mpox dan jika ada yg kontak erat (walau tidak bergejala) dalam 1 bulan terakhir dengan yang positif Mpox, segera diswab PCR. Apalagi jika bergejala, harus segera di-swab PCR Mpox," ujar Ngabila.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat