visitaaponce.com

978 Lokasi TPS di Jakarta Utara dan Timur Rawan Banjir

978 Lokasi TPS di Jakarta Utara dan Timur Rawan Banjir
Petugas menata kotak berisi tinta yang akan digunakan untuk Pemilu 2024(Antara)

JAKARTA Timur dan Jakarta Utara merupakan wilayah dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) rawan banjir terbanyak pada Pemilu 2024. Sebanyak 978 TPS di 24 kelurahan di Jakarta Timur rawan terendam. Begitu juga di daerah Jakarta Utara terdapat 653 TPS rawan banjir tersebar di tujuh kelurahan.

“Untuk data sebaran rincian lokasinya masih proses verifikasi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Masih di sinkronisasi dengan data dari BPBD,” ujar Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya, saat dihubungi di Jakarta, Kamis (7/12).

Dody menambahkan, sebanyak 978 TPS di 24 kelurahan di Jakarta Timur rawan terendam. Sementara di Jakarta Utara terdapat 653 TPS rawan banjir tersebar di wilayah tujuh kelurahan.

Baca juga : 2.841 TPS di DKI Berada di Wilayah Rawan Banjir

“Untuk data sebaran rincian lokasinya masih proses verifikasi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Masih di sinkronisasi dengan data dari BPBD,” ujar Dody.

Baca juga : Metode Pemungutan Suara lewat Pos di Hong Kong Rawan Kecurangan

Adapun untuk wilayah Jakarta Selatan terdapat 545 TPS di 15 kelurahan rawan banjir. Sedangkan di Jakarta Selatan, sebanyak 344 TPS di 29 kelurahan juga rawan.

“Untuk Jakarta Pusat, sebanyak 313 TPS di 13 kelurahan rawan,” kata Dody.

Menyusul dihubungi secara terpisah, Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, mengatakan, pihaknya belum dapat mengungkapkan secara rinci lokasi-lokasi TPS rawan banjir yang dimaksud. Sebab, BPBD bersama KPU DKI masih dalam proses sinkronisasi data dan memastikan tingkat kerawanan banjir di setiap TPS, maupun area sekitarnya.

”Bisa saja lokasi TPS yang diprediksi rawan banjir setelah dicek masih aman atau sebaliknya,” ujar Isnawa. Sebelumnya, KPU DKI Jakarta melaporkan sebanyak 2.841 TPS di Ibu Kota rawan banjir pada saat Pemilu serentak 2024.

Dody menjelaskan, ribuan titik rawan banjir itu diketahui berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan terhadap 30.766 TPS di seluruh Ibu Kota.

“Dari total 30.766 TPS, telah dipetakan sebanyak 2.841 TPS yang masuk ke dalam lokasi rawan banjir,” ujar Dody dalam keterangan tertulis, Selasa (5/12).

Menurut Dody, KPU sedang berkoordinasi dengan BPBD DKI Jakarta untuk menganalisis TPS rawan banjir tersebut. Selanjutnya diharapkan ada upaya mitigasi yang dilakukan BPBD dan jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di 2.814 TPS itu. “Untuk selanjutnya dilakukan mitigasi bersama khususnya dalam tahapan pemungutan dan penghitungan suara,” jelas Dody.(Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat