visitaaponce.com

Tahun Ajaran 2024-2025 SDN Pondok Cina 1 dan 5 Depok Gabung Jadi Satu Nama Sekolah

Tahun Ajaran 2024-2025 SDN Pondok Cina 1 dan 5 Depok Gabung Jadi Satu Nama Sekolah
Siswa SDN Pondok CIna 1, Depok.(Antara)

TAHUN Ajaran (TA) 2024-2025, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Cina 1 dengan SDN Pondok Cina, Depok, resmi digabungkan menjadi satu nama sekolah. Merger ini dilakukan setelah pembangunan gedung baru dua SDN di Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji tersebut dirampungkan.

"TA 2024-2025 SDN Pondok Cina 1 dan SDN Pondok Cina 5 dipastikan digabungkan menjadi satu nama sekolah karena pembangunan gedung sudah selesai, nama sekolahnya yaitu SDN Pondok Cina 1," ucap Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok Sutarno saat ditemui oleh Media Indonesia di Gedung Dibaleka 2 Balaikota Depok, Senin (18/12).

Dirinya mengatakan dengan digunakannya dua sekolah nantinya nama SDN Pondok Cina 5 akan dihapuskan. Ia menjelaskan bahwa sampai saat ini murid SDN Pondok Cina 1 masih tetap menumpang untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Baca juga: Gempa Berpusat di Sukabumi, Terasa Hingga Depok

"Sekarang murid SDN Pocin 1 masih menumpang KBM tetapi kedepannya tidak menumpang lagi. Nantinya murid-murid SDN Pondok Cina 1 dan 5 akan menggunakan nama SDN Pocin 1," sambung Sutarno.

Menurut Sutarno bergabungnya murid SDN Pondok Cina 1 dengan SDN Pondok Cina 5, tidak akan berpengaruh secara akreditasi.

"Nantinya status akan tetap sama, yaitu Akreditasi A semuanya," tuturnya.

Baca juga: 4 Kasus Tanah Longsor Terjang Depok dalam Semalam

Dijelaskan, penggabungan SDN Pondok Cina 1 dengan SDN Pondok Cina 5 ini memang menjadi program Dinas Pendidikan Kota Depok sebelumnya dan bukan dadakan.

Tujuan penggabungan ini yaitu diharapkan bisa lebih meningkatkan koordinasi, komunikasi dan pelaksanaan tugas.

"Penggabungan ini akan menjadi lebih fokus dalam hal pembinaan sumber daya manusianya (SDM)," ucapnya.

Sutarno menambahkan ada kondisi yang mengharuskan SDN Pondok Cina 1 dan SDN Pondok Cina 5 diregrouping. Yakni murid SDN Pondok Cina 5 kurang dari 200 orang.

Ditanya soal kelanjutan eks SDN Pondok Cina 1 apakah jadi digunakan untuk pembangunan Masjid. Di jawab Sutarno, itu bukanlah wewenangnya. "Itu kewenangan Pak Wali. Kami fokusnya ke masalah pendidikan saja," terang dia.

Diberitakan sebelumnya, bahwa sejumlah orangtua murid SDN Pondok Cina 1 menolak relokasi anak-anak mereka dilebur dengan sekolah lain, yakni di SDN Pondok Cina 3 dan Pondok Cina 5.

Orangtua siswa SDN Pondok Cina 1 meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk tidak langsung menggusur sekolah tersebut tanpa adanya solusi dalam jangka panjang.

"Kami sampaikan, kami para orang tua tidak sekalipun menolak penggusuran sekolah ini, tapi bangun dulu gedungnya," ucap Rio salah seorang orang tua murid.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat